Senin, 02/08/2021 19:56 WIB

Kapal Israel Meledak di Teluk Oman

Kapal berbendera Bahama, MV HELIOS RAY, meledak di Teluk Oman kemarin

Latihan militer Angkatan Laut di Teluk Oman pada 11 September 2020 [Kantor Angkatan Darat Iran / AFP

Jakarta, Jurnas.com - Kapal berbendera Bahama, MV HELIOS RAY, meledak di Teluk Oman kemarin. Hal itu disampaikan Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO) dan sebuah perusahaan keamanan maritim. Penyebab ledaka belum diketahui.

"Investigasi sedang berlangsung. Kapal dan awaknya aman," kata pemberitahuan penasehat UKMTO, menasihati kapal di daerah itu untuk berhati-hati, dilansir Middleeast, Sabtu (27/02).

Insiden itu terjadi pada 20:40 GMT, katanya, tetapi tidak memberikan rincian tentang kemungkinan penyebabnya.

Perusahaan keamanan maritim Dryad Global mengatakan MV HELIOS RAY adalah pengangkut kendaraan milik Helios Ray Ltd, sebuah perusahaan Israel yang terdaftar di Pulau Man. Kapal sedang dalam perjalanan ke Singapura dari Dammam di Arab Saudi.

Seorang juru bicara Kementerian Transportasi Israel mengatakan tidak memiliki informasi tentang kapal Israel yang diserang di Teluk.

Perusahaan dengan nama Helios Ray Ltd didirikan di Pulau Man. Kapal itu dikelola oleh Stamco Ship Management, menurut data pelacakan kapal Refinitiv.

"Sementara rincian mengenai insiden itu masih belum jelas, masih ada kemungkinan realistis bahwa peristiwa itu merupakan hasil dari aktivitas asimetris oleh militer Iran," kata Dryad dalam sebuah laporan tentang insiden tersebut.

Data Refinitiv menunjukkan kapal tersebut telah menetapkan Dubai sebagai tujuan saat ini.

Armada Kelima Angkatan Laut AS yang bermarkas di Bahrain mengatakan telah mengetahui insiden tersebut dan memantau situasinya.

TAGS : Kapal Israel Teluk Oman Ledakan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :