Selasa, 15/06/2021 17:43 WIB

India dan Pakistan Setuju Untuk Menghentikan Penembakan Lintas Batas di Kashmir

Seorang pejabat di New Delhi mengatakan penghentian itu sebagian bertujuan untuk meredakan situasi yang mengkhawatirkan bagi warga sipil yang tinggal di sepanjang perbatasan.

Seorang tentara tentara India berjaga-jaga saat berpatroli di dekat Garis Kontrol, garis gencatan senjata yang memisahkan Kashmir antara India dan Pakistan. (Foto: Reuters)

New Delhi, Jurnas.com - Militer India dan Pakistan mengatakan pada hari Kamis (25/2/2021) bahwa mereka telah setuju untuk berhenti menembak di sepanjang perbatasan yang disengketakan di Kashmir.

“Demi mencapai perdamaian yang saling menguntungkan dan berkelanjutan di sepanjang perbatasan, kedua DGsMO sepakat untuk menangani masalah inti dan keprihatinan satu sama lain yang cenderung mengganggu perdamaian dan mengarah pada kekerasan,” kata pernyataan bersama, merujuk pada kepala operasi militer dari kedua negara.

Dilansir dari Reuters, Kamis (25/2/2021), tetangga bersenjata nuklir itu menandatangani perjanjian gencatan senjata di sepanjang Garis Kontrol (LoC) - perbatasan de facto di wilayah Kashmir pada tahun 2003, tetapi gencatan senjata telah pecah dalam beberapa tahun terakhir.

Seorang pejabat di New Delhi mengatakan penghentian itu sebagian bertujuan untuk meredakan situasi yang mengkhawatirkan bagi warga sipil yang tinggal di sepanjang perbatasan, yang secara teratur terjebak dalam baku tembak.

"Kami sangat optimis bahwa tingkat kekerasan dan ketegangan di sepanjang LoC akan turun," kata pejabat itu, menolak disebutkan namanya karena sensitifnya masalah tersebut.

Tetapi India tidak akan mengurangi penempatan di sepanjang LoC yang bertujuan untuk menghentikan operasi infiltrasi atau kontra pemberontakan di lembah Kashmir, kata pejabat itu.

Musim panas lalu, pasukan India dan Pakistan dikurung dalam pertempuran lintas perbatasan paling sering mereka dalam setidaknya dua tahun, di tengah melonjaknya wabah virus korona.

Kashmir telah lama menjadi titik api di antara para tetangga, tetapi ketegangan muncul kembali setelah New Delhi menarik otonomi wilayah Himalaya Agustus lalu dan membaginya menjadi wilayah yang dikelola pemerintah federal.

Kedua negara mengklaim wilayah itu secara penuh, tetapi hanya menguasai sebagian.

TAGS : India Pakistan Gencatan Perbatasan LoC




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :