Kamis, 22/04/2021 02:20 WIB

Banjir Periuk Kota Tangerang Surut, Pak Lurah: Terimakasih BBWF Ciliwung-Cisadane

Menyedot air untuk dibuang ke Kali Ledug (Situ Ledug) dan ke Kali Cirarab.

Afifuddin, ikut terjun menangani banjir Kelurahan Periuk, Kota Tangerang bersama BBWF Ciliwung - Cisadane

Jakarta, Jurnas.com - Banjir yang melanda kawasan perumahan di wilayah Kelurahan Periuk, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang sejak Sabtu, 20 Februari 2021 hingga kini berangsur-angsur surut.

Seorang petugas dan relawan bernama Afifuddin mengatakan, banjir di Kelurahan Periuk, Kota Tangetang kali ini disebabkan oleh tingginya curah hujan, luapan Kali Ledug (Situ Ledug) dan luapan Kali Cirarab.

"Luapan Kali Ledug dan Kali Cirarab berimbas pada drainase atau buangan air dari kawasan perumahan yang tidak bisa menampung, akhirnya menjadikan kawasan sekitar Periuk ini banjir atau tergenang," jelas Afifuddin.

Ia menjelaskan, tinggi genangan awal bervariasi, mulai dari 0,20 meter sampai yang tertinggi sekitar 3 meter. Pemkot Tangerang, bersama TNI/Polri dan pihak pihak terkait telah bersinergi dalam menangani banjir ini.

"Upaya yang dilakukan mulai dari evakuasi warga, menetapkan titik-titik tempat pengungsian, mendirikan posko dan dapur umum, serta upaya upaya untuk segera menyurutkan genangan air," papar Afifuddin.

Penyurutan genangan air sendiri dilakulan Pemkot Tangerang dengan mengerahkan mobil pompa yang mampu menyedot air untuk dibuang ke Kali Ledug (Situ Ledug) dan ke Kali Cirarab. Tentunya setelah debit air di kedua kali tersebut mulai turun.

Untuk penyedotan genangan air ini, jelas Afiduddin, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane juga ikut menerjunkan mobil pompa selama beberapa hari. Mobil itu dipakai membantu mengurangi genangan air di kawasan perumahan Kelurahan Periuk.

Lurah Periuk, Kota Tangerang, Moch Kosim atas nama pemerintah dan masyarakat, mengucapkan terimakasih kepada petugas dan pimpinan dari BBWS Ciliwung-Cisadane, karena telah menerjunlan bantuan mobil pompa yang dipakai mengatasi banjir selama beberapa hari ini.

"Terimakasih atas bantuan BBWS Ciliwung Cisadane, bantuannya sangat berarti untuk menyurutkan genangan di kawasan Periuk ini lebih cepat. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih," ungkap Kosim.

TAGS : Banjir Kota Tangerang Kelurahan Periuk Moch Kosim Afifuddin




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :