Kamis, 22/04/2021 03:43 WIB

Vaksinasi Tahanan Dikritik, Ketua KPK: Vaksin Berlaku Bagi Semua Pihak

Vaksinasi merupakan upaya memutus rantai penyebaran covid-19. 

Mantan Menteri Sosial, Juliari Peter Batubara menjalani vaksinasi di Gedung KPK

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, menegaskan vaksinasi covid-19 berlaku bagi semua pihak yang berkaitan dengan lembaganya. Termasuk para tahanan korupsi.

Vaksinasi merupakan upaya memutus rantai penyebaran covid-19. Sehingga, semua pihak yang ada di lingkungan KPK, baik pegawai, awak media ataupun tahanan harus menerima vaksin.

"Kami sangat memahami atas beberapa respon tersebut, tapi kami juga berkewajiban untuk menjaga keselamatan jiwa setiap orang, termasuk tahanan," kata Firli Bahuri kepada wartawan, Kamis (25/2).

Firli memandang vaksinasi kepada insan yang berkaitan dengan KPK merupakan hal penting. Apalagi, sejumlah tahanan hingga pegawai KPK sempat dinyatakan positif covid-19, bahkan hingga meninggal dunia.

"Mari kita pahami bersama bahwa sampai dengan hari ini kasus positif Covid-19 Tahanan KPK cukup tinggi, yaitu 20 dari total 64 orang tahanan (31%) dan bahkan ada pegawai sampai meninggal dunia," ucap Firli.

Firli mengatakan para tahanan KPK banyak yang beraktivitas dan berinteraksi dengan pegawai KPK, sehingga vaksinasi diharapkan bisa memberikan perlindungan kepada pihak-pihak tersebut.

"Kesehatan tahanan juga menjadi penting untuk dapat memperlancar proses penanganan dan persidangan perkaranya," kata Firli.

KPK memulai program vaksinasi Covid-19 sejak 18 Februari hingga 23 Februari 2021. Pada hari pertama penyuntikan diperuntukan untuk jajaran di Kedeputian Penindakan dan Eksekusi, Kedeputian Koordinasi dan Supervisi, Dewan Pengawas, dan Sekretariat Dewan Pengawas.

Penyidik senior KPK Novel Baswedan pun sudah disuntik vaksin Covid-19. Novel mengajak masyarakat mendukung program pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

Kemudian sebanyak 39 dari 61 tahanan KPK sudah disuntik vaksin Covid-19. Namun, 22 tahanan lainnya belum disuntik vaksin karena alasan kesehatan.

Berdasarkan foto yang dibagikan Humas KPK, mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara termasuk salah satu tahanan yang disuntik vaksin.

TAGS : KPK Firli Bahuri Vaksin Covid-19 Tahanan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :