Sabtu, 20/04/2024 03:21 WIB

Filipina Terima Vaksin COVID-19 Pertama

Meskipun memiliki jumlah kasus dan kematian COVID-19 tertinggi di Asia, Filipina akan menjadi negara Asia Tenggara terakhir yang menerima rangkaian vaksin awal.

Vaksin (ilustrasi)

Manila, Jurnas.com - Filipina akan menerima pengiriman vaksin COVID-19 pertamanya pada akhir pekan, memungkinkannya untuk memulai program inokulasi mulai minggu depan.

Meskipun memiliki jumlah kasus dan kematian COVID-19 tertinggi di Asia, Filipina akan menjadi negara Asia Tenggara terakhir yang menerima rangkaian vaksin awal.

Juru bicara Presiden Rodrigo Duterte, kata Harry Roque mengatakan, pengiriman 600.000 dosis vaksin Sinovac Biotech, yang disumbangkan oleh China, akan tiba pada Minggu. 

"Ini akan diluncurkan pada  Senin karena warga negara kami sangat bersemangat," kata dia tentang program vaksinasi pada Kamis (25/2).

Di antara yang pertama akan diinokulasi adalah seorang pejabat dari rumah sakit yang kehilangan kedua orang tuanya karena COVID-19, ditambah seorang pengemudi sepeda roda tiga.

Filipina telah memesan 25 juta dosis dari Sinovac dan seharusnya menerima batch pertama pada 23 Februari. Otorisasi penggunaan darurat tertunda hanya diberikan minggu ini.

Selain Sinovac, 10.000 dosis vaksin yang dikembangkan oleh Sinopharm China akan segera tiba, di bawah penggunaan dengan belas kasih untuk detail keamanan Duterte. Dosis dari AstraZeneca akan tiba pada Maret.

"Harus saya akui, kalau kita ngotot dengan merek Barat, kita masih menunggu kedatangannya," imbuh dia.

Duterte, yang mengejar hubungan yang lebih hangat dengan China dan memiliki hubungan yang tegang dengan banyak negara Barat, sebelumnya mengatakan dia ingin mendapatkan vaksin COVID-19 dari China atau Rusia.

Program vaksinasi akan sangat penting bagi upaya Filipina untuk menghidupkan kembali ekonominya, yang mengalami penurunan rekor 9,5 persen tahun lalu karena penguncian yang ketat dan berkepanjangan yang menghantam belanja konsumen dan mengakibatkan hilangnya pekerjaan yang besar. (Reuters)

KEYWORD :

Filipina Vaksin COVID-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :