Rabu, 21/04/2021 18:38 WIB

BI Rumuskan Pembentukan Bank Sentral Uang Digital

BI dalam proses perumusan pembentukan central bank digital currency atau bank sentral mata uang digital

Bank Indonesia

Jakarta, Jurnas.com - Semakin tingginya minat terhadap digital currency (mata uang digital), Bank Indonesia (BI) berencana membuat bank sentral baru yang khusus mengurus mata uang digital.

Gubernur BI Perry mengatakan BI dalam proses perumusan pembentukan central bank digital currency atau bank sentral mata uang digital.

"Itu kami sedang rumuskan yang nanti BI akan kemudian menerbitkan central bank digital currency. Kami juga akan edarkan dengan bank-bank dan juga fintech, secara whole sale maupun ritel," ujar Perry dalam video virtual, Kamis (25/2/2021)

Tak hanya itu BI juga tengah menjalin kerja sama dengan bank sentral di negara lainnya dalam menyusun dan mengeluarkan bank sentral khusus mata uang digital itu.

"Kami lakukan kerjasama erat dengan bank sentral lain dalam pembentuknya bank digital," jelasnya.

Diigitalisasi sistem pembayaran, sekarang semua bank pakai QRIS. Agar, bisa masuk kepada yang sangat ritel, bagaimana digitalisasi bank dihubungkan dengan fintech uang elektronik.

"Nanti bank digital ini berkaitan juga dengan BI Fast Paymeny, ritel payment infrastruktur kami yang 24 jam realtime tidak berhenti," tandasnya.

TAGS : Uang Digital Bank Indonesia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :