Minggu, 18/04/2021 13:43 WIB

Lukisan Ini Akhirnya Dipamerkan Setelah Tersimpan 134 Tahun

Lukisan distrik Montmartre Paris oleh Vincent van Gogh akan dipamerkan untuk umum untuk pertama kalinya minggu depan di Amsterdam menjelang pelelangannya akhir Maret.

Lukisan distrik Montmartre Paris oleh Vincent van Gogh (foto: UPI)

Jakarta, Jurnas.com - Lukisan distrik Montmartre Paris oleh Vincent van Gogh akan dipamerkan untuk umum untuk pertama kalinya minggu depan di Amsterdam menjelang pelelangannya akhir Maret.

Lukisan itu, Impasse des Deux Frères et le Moulin à Poivre (Pemandangan jalanan di Montmartre ), telah menjadi milik pribadi sejak pembuatannya pada musim semi 1887, menurut rumah lelang Mirabaud Mercier. 

Perusahaan yang berbasis di Paris itu bergabung dengan Sotheby untuk menjual lukisan itu dalam lelang seni impresionis dan modern pada 25 Maret di Paris.

Pemandangan tersebut menggambarkan pasangan dan seorang anak di jalan di depan Moulin Debray yang terkenal, pabrik lada abad ke-19 yang dihancurkan pada tahun 1911. Pabrik tersebut terlihat dari Jalan Impasse des Deux Frères, sebuah jalan di atas bukit di Paris yang dikenal sebagai Montmartre.

"Saat kami melihat lukisan itu untuk pertama kalinya, kami merasakan emosi yang kuat," kata Claudia Mercier dan Fabien Mirabaud dalam sebuah pernyataan dilansir UPI, Kamis (25/02).

"Kami dengan senang hati mempersembahkan karya unik ini di pasar seni saat ini, yang tetap berada di keluarga yang sama selama seabad."

Aurélie Vandevoorde dan Etienne Hellman, direktur senior departemen Impresionis dan Seni Modern di Sotheby Prancis, mengatakan sangat jarang sebuah karya seni dari periode ini dipelihara oleh keluarga yang sama dan dirahasiakan begitu lama. Kebanyakan, kata mereka, disimpan di museum bergengsi.

"Presentasi lukisan dari seri ikonik ini di pasaran tentunya akan menjadi peristiwa besar bagi kolektor Van Gogh dan pasar seni pada umumnya," kata mereka.

Van Gogh melukis pemandangan itu saat tinggal bersama saudaranya, Theo van Gogh, di Montmartre - distrik di Paris yang dinamai menurut nama bukit. Sebuah rilis dari Mirabaud Mercier mengatakan periode tersebut menandai momen penting dalam karir van Gogh ketika dia mulai lebih banyak bereksperimen dengan warna. Karya sebelumnya cenderung lebih gelap, menggunakan warna bumi yang lebih netral.

"Pemandangan jalanan di Montmartre dengan demikian merupakan kesaksian yang luar biasa untuk era penting dalam karya salah satu master seni modern terbesar," kata rilis itu.

Lukisan itu akan dipamerkan Senin-Rabu di Sotheby`s Amsterdam; 9-12 Maret di Sotheby`s Hong Kong; 16-18 Maret di Hôtel Drouot di Paris; dan 19-23 Maret di Sotheby`s Paris.

TAGS : Lukisan Langka distrik Montmartre Paris




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :