Minggu, 18/04/2021 11:49 WIB

KPAI Ingatkan Guru Jaga Prokes meski Sudah Divaksin

Pasalnya dengan jumlah vaksin yang masih terbatas, ada banyak masyarakat yang belum divaksinasi, sehingga risiko penularan masih tetap tinggi.

Siswa bersekolah di tengah pandemi Covid-19 (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengingatkan guru dan tenaga kependidikan agar tetap menerapkan protokol kesehatan, meski sudah mendapatkan vaksin Covid-19.

Pasalnya dengan jumlah vaksin yang masih terbatas, ada banyak masyarakat yang belum divaksinasi, sehingga risiko penularan masih tetap tinggi.

"Jangan mengira setelah ada vaksin berarti akan bebas, tidak pakai masker lagi dan abai menerapkan 3M, karena ini masih pandemi Covid-19," kata Komisioner KPAI Retno Listyarti kepada Jurnas.com pada Rabu (24/2).

Retno sekaligus mendorong pemerintah merancang pengujian vaksin untuk usia anak, agar kekebalan kelompok (herd immunity) bisa terwujud.

"Herd immunity sulit terwujud jika hanya pendidik dan tenaga kependidikan yang divaksinasi," imbuh dia. Dikatakan, herd immunity bisa dicapai dengan pemberian cakupan vaksin mencapai 90 persen.

KPAI meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah tetap harus memastikan penyiapan pembelajaran tatap muka (PTM) pada Juli 2021 secara ketat, karena saat PTM sekolah-sekolah harus dipastikan sudah menyiapkan infrastruktur dan protokol kesehatan.

Hal ini bertujuan melindungi warga sekolah, terutama peserta didik, mengingat vaksin covid-19 untuk anak-anak belum tersedia.

"Pastikan 5 Siap, yaitu Siap Daerahnya, Siap Sekolahnya, Siap Gurunya, Siap Orangtuanya, dan Siap Anaknya. Jika salah satu tidak siap, maka tunda buka sekolah tatap muka karena akan berpotensi menjadikan sekolah sebagai kluster baru. Harus dipastikan juga bahwa kasus covid-19 di wilayah itu sudah landai," tegas Retno.

Retno menambahkan, KPAI mulai Februari 2021 ini akan terus melakukan pengawasan terhadap penyiapan dan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) tahun 2021.

"Saat ini pun, saya sedang melakukan pengawasan ke sekolah-sekolah yang sudah memulai PTM secara terbatas di wilayah Jawa Barat," tutup dia.

TAGS : KPAI Retno Listyarti Vaksinasi Guru Protokol Kesehatan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :