Jum'at, 19/04/2024 03:57 WIB

Israel Klaim Beri Vaksin COVID-19 ke Palestina, Honduras dan Republik Ceko

Israel telah memvaksinasi warga Palestina di Yerusalem Timur, namun menuai kecaman asing karena tidak memperluas kampanyenya ke wilayah Palestina lainnya.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Brussels, Belgia pada 11 Desember 2017 (Foto: Dursun Aydemir/Anadolu Agency)

Yerusalem, Jurnas.com - Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengatakan telah memberikan sejumlah kecil kelebihan vaksin COVID-19 ke wilayah yang dikelola Palestina dan juga ke beberapa negara. Namun belum jelas negara mana yang dia maksud.

Tetapi pemerintah Honduras, yang mengatakan tahun lalu pihaknya bermaksud memindahkan kedutaan Israel ke Yerusalem mengatakan pihaknya mengharapkan 5.000 dosis dari Israel. Negara belum menerima dosis apa pun.

Republik Ceko mengatakan telah menerima pengiriman kecil dari Israel. Negara itu pada Desember mengatakan akan menambah kehadiran diplomatik ke kantornya di Yerusalem, langkah singkat dari membuka kedutaan penuh di kota itu.

Israel telah mengimpor vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna. Hingga saat ini, negara tersebut telah memberikan setidaknya satu dosis Pfizer ke hampir 50 persen dari 9 juta populasinya di salah satu kampanye tercepat di dunia.

Bulan ini, Palestina menerima pengiriman awal dosis Moderna dari Israel, membantu memulai program vaksinasi terbatas di Tepi Barat dan Gaza yang diduduki Israel.

Israel telah memvaksinasi warga Palestina di Yerusalem Timur, namun menuai kecaman asing karena tidak memperluas kampanyenya ke wilayah Palestina lainnya.

Juru bicara pemerintah Carlos Madero mengatakan, vaksin untuk Honduras akan diberikan kepada petugas kesehatan yang berisiko terpapar, dan pesawat Angkatan Udara Honduras berada di Israel untuk mengangkutnya.

Negara Amerika Tengah itu tahun lalu mengikuti Amerika Serikat dalam mengisyaratkan niatnya untuk memindahkan kedutaannya di Israel ke Yerusalem, keuntungan diplomatik bagi Israel.

Israel menganggap semua Yerusalem sebagai ibukotanya, meskipun itu tidak diakui oleh sebagian besar negara. Palestina mencari Yerusalem Timur, yang direbut Israel bersama Tepi Barat dan Gaza dalam Perang Enam Hari 1967, sebagai ibu kota negara merdeka di masa depan.

Republik Ceko telah menerima beberapa ribu dosis Moderna dari Israel, Menteri Luar Negeri Ceko Tomas Petricek mengatakan kepada wartawan, Selasa.

Pemberian vaksin tersebut datang setelah presiden dan perdana menteri negara Uni Eropa itu mengirim surat ke Israel untuk meminta bantuan vaksin.

Beberapa pesaing Netanyahu dalam pemilu 23 Maret mengkritik donasi tersebut, dengan mengatakan bahwa perdana menteri tidak berkonsultasi dengan publik atau bahkan kabinetnya sendiri sebelum membuat keputusan tersebut.

"Netanyahu berpikir dia menjalankan kerajaan dan bukan negara. Langkah seperti itu membutuhkan diskusi dan persetujuan," Benny Gantz, mitra koalisi sentris Netanyahu dan sekarang pesaing pemilu, menulis di Twitter.

Dalam sebuah wawancara dengan Radio Angkatan Darat Israel, Menteri Keuangan Israel Katz, seorang anggota partai Likud sayap kanan Netanyahu, mengatakan dia tidak mengetahui sumbangan tersebut. (Reuters)

KEYWORD :

Israel Benjamin Netanyahu Palestina Vaksin COVID-19 Honduras Republik Ceko




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :