Rabu, 24/04/2024 10:01 WIB

Berkas Lengkap, Tersangka Penyuap Eks Bupati Cirebon Segera Disidang

Berkas perkara tersangka telah dilimpahkan ke jaksa penuntut umum (JPU).

Tahanan KPK

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merampungkan proses penyidikan terhadap tersangka Sutikno dalam kasus dugaan suap terkait perizinan kawasan industri di Kabupaten Cirebon. Berkas perkara tersangka telah dilimpahkan ke jaksa penuntut umum (JPU).

Sutikno selaku Direktur Utama PT Kings Property Indonesia (KPI) diduga memberi suap senilai Rp 4 miliar kepada mantan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra.

"Tim Penyidik KPK melaksanakan Tahap 2 (Penyerahan Tersangka dan Barang Bukti) kepada Tim JPU dengan Tsk STN (Sutikno) dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi suap kepada SP (Sunjaya Purwadisastra) Bupati Cirebon 2019-2024," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Selasa (23/02).

Dengan pelimpahan ini, kewenangan penahanan tersangka Sutikno akan dilanjutkan oleh JPU KPK selama 20 hari, terhitung sejak 23 Februari 2021 sampai dengan 14 Maret 2021. Di mana, Sutikno akan ditahan di Rutan KPK Kavling C1.

"Selama proses penyidikan telah diperiksa 30 saksi diantaranya Sunjaya Purwadisastra dan para aparatur sipil di Pemkab Cirebon," ucap Ali.

Kasus ini bermula pada 2017 ketika PT KPI akan menanamkan modal di Kabupaten Cirebon dengan membangun kawasan industri pabrik sepatu di sana.

Terkait rencana itu, Sutikno menugaskan seorang bernama Sukiro untuk mengurus perizinan di dinas-dinas terkait, membangun komunikasi dengan pemerintah daerah, serta melakukan audiensi dengan masyarakat terkait rencana pembebasan lahan.

Agar proses pengurusan izin berjalan lancar, Sutikno diduga memerintahkan Sukirno memberi suap Rp 4 miliar kepada mantan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra melalui ajudan kepercayaannya.

Pemberian uang tersebut diduga agar Sunjaya bersedia mengintervensi dan mempercepat seluruh proses perijinan PT KPI di Kabupaten Cirebon

KEYWORD :

KPK tersangka sutikno PT Kings Property Indonesia Penyuap Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :