Kamis, 11/08/2022 17:50 WIB

BPSDM Perhubungan Kini Miliki Program S2 Pelayaran

BPSDM Perhubungan berencana membuka program S2 Pelayaran mulai tahun ajaran 2021/2022 mendatang.

Penyerahan SK Kemendikbud tentang izin pembukaan program magister atau S2 pelayaran yang diserahkan oleh Dirjen Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto kepada Menhub Budi Karya Sumadi secara virtual hari ini, Senin (22/2/2021).

Jakarta, Jurnas.com – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan sekarang memiliki program pendidikan magister atau Strata 2 (S2) Ilmu Pelayaran di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta.

“Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memberikan izin kepada STIP Jakarta untuk menyelenggarakan program studi S2 pelayaran,” kata kepala BPSDM Perhubungan Sugihardjo kepada jurnas.com dan katakini.com di Jakara, Senin (22/2/2021).

Surat Keputusan Kemendikbud tersebut diserahkan oleh Direktur Jenderal Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi secara virtual hari ini, Senin (22/2/2021).

Sugihardjo menjelaskan, berdasarkan SK Kemendikbud No. 001/D/O/2021 yang diterbitkan pada 15 Februari lalu, Kemendikbud memberi izin kepada STIP Jakarta untuk membuka program magister terapan bidang pemasaran, inovasi, dan teknologi pelayaran. Kemudian program magister terapan bidang teknik keselamatan dan risiko pelayaran.

“Dengan keluarnya SK Kemendikbud tersebut, kami berencana membuka program S2 Pelayaran mulai tahun ajaran 2021/2022 mendatang,” kata Sugihardjo.

Menurut Sugihardjo, perolehan izin penyelenggaraan program studi S2 Pelayaran tersebut merupakan salah satu upaya Kemenhub dalam menjalankan amanah Presiden Joko Widodo yang mencanangkan mulai tahun 2019 hingga 2024 sebagai tahun SDM.

“Pengembangan SDM merupakan fokus utama pemerintahan saat ini, dimana Menhub Budi Karya Sumadi menekankan diperlukan konsistensi dan fokus dalam penyiapan SDM transportasi, termasuk SDM bidang pelayaran yang andal dan berkualitas,” jelas Sugihardjo.

Selain itu, keberhasilan Kemenhub memperoleh izin menyelenggarakan program S2 Pelayaran itu juga sebagai wujud keseriusan Kemenhub dalam menciptakan SDM unggul, terutama di bidang pelayaran, untuk menyongsong era Indonesia emas pada 2045 mendatang.

 “Kedua program studi S2 tersebut untuk menghasilkan SDM berkualitas yang sangat dibutuhkan oleh Indonesia untuk mampu bersaing di kancah global,” katanya.

STIP Jakarta adalah salah satu dari 23 lembaga pendidikan tinggi di bawah pengelolaan BPSDM Kementerian Perhubungan yang tersebar di seluruh pelosok tanah air dari mulai Aceh hingga Papua.

TAGS : bpsdmp stip s2 pelayaran




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :