Sabtu, 25/09/2021 02:15 WIB

Gus AMI Terjun Bantu Korban Bencana Sukabumi

Rentetan bencana menyebabkan kerugian hingga Rp71 miliar.

Gus AMI tinjau tanah longsor di Sukabumi

Sukabumi, Jurnas.com - Tim Pengawas Pelaksana Penanganan Bencana DPR RI kunjungi Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPR RI A. Muhaimin lskandar (Gus AMI), Jumat, (19/02/2021).

Pada kesempatan itu, Gus AMI minta agar pemerintah memberikan perhatian serius ke Kabupaten Sukabumi yang kerap dilanda bencana.

"Bahkan banyak diantaranya memerlukan penanganan secara permanen," ujar Gus AMI kepada wartawan di sela meninjau lokasi bencana, Desa Cijangkar, Nyalindung, Sukabumi.

Gus AMI menjelaskan, sepanjang bulan Januari-Desember 2020 terjadi sebanyak 470 kejadian bencana di Kabupaten Sukabumi.
Rentetan bencana menyebabkan kerugian hingga Rp71 miliar.

Dalam kunjungan itu, Gus AMI bersama tim menyerahkan sejumlah bantuan kepada korban.
Berupa selimut, masker, alat swab antigen dan berbagaijenis bantuan lainnya.

Bukan hanya bantuan, Gus AMI yang juga Ketua Umum DPP PKB menyambut baik keinginan warga terdampak bencana pergerakan tanah di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat untuk direlokasi.

Pasalnya dampak bencana itu sangat menghawatirkan keselamatan warga setempat. Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), bencana pergerakan tanah ini berdampak kepada 129 rumah dan ratusan jiwa.

"Saya minta Kementerian PU segera menangani. Serta semua pihak yang terkait dengan legalitas,” kata Gus AMI.

Warga sendiri ingin mendapatkan relokasi tanah atau lahan 1 banding 1 dari pemerintah. Tentunya keinginan ini akan menjadi bahan kajian mendalam bersama pihak terkait.

“(Warga ingin relokasi 1 banding 1) saya kira bisa, tanah PTP saya kira bisa. Memang itu kan penyesuaian dengan keadaan, (tapi) seharusnya bisa diusahakan semaksimal mungkin,” tutur Gus AMI.

TAGS : Gus AMI Sukabumi Bencana Ketua Umum DPP PKB Wakil Ketua DPR RI




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :