Rabu, 21/04/2021 18:38 WIB

Begini Pengalaman Keken Belajar Pertanian di Bapeltan Jambi

Keken, salah satu siswa magang dari SMKNPP Jambi jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura memaparkan kesannya selama magang.

Siswa-siswi SMK Pertanian yang magang di instansi yang terletak di tengah pulau Sumatera ini. (Foto: Ist)

Muaro Jambi, Jurnas.com - Kementerian Pertanian (Kementan) terus melakukan percepatan regenerasi petani di sektor pertanian. Salah satunya dilakukan di Provinsi Jambi.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pembangunan sumber daya manusia (SDM) pertanian wajib dilakukan. Pasalnya, SDM yang ada saat ini masih didominasi generasi tua dengan pendidikan yang terbilang rendah.

Menurut dia, pertanian Indonesia masih membutuhkan waktu untuk mengejar ketertinggalan dari negara maju.

"Melalui modernisasi pertanian kita buktikan pada generasi muda bahwa sektor pertanian merupakan sektor yang menjanjikan dan membanggakan hingga akhirnya pertanian kita akan didominasi oleh generasi muda," ujar Syahrul.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menyatakan kesiapannya dalam pengembangan kualitas SDM pertanian.

"Kami siap untuk terus meningkatkan kualitas SDM, salah satunya dengan regenerasi petani. Kami gerakkan petani milenial melalui balai pelatihan pertanian serta politeknik pembangunan pertanian. Kita juga menciptakan job seeker dan job creator yang siap mengguncang dunia dengan kreativitas dan produktivitas," tegas Dedi.

Balai Pelatian Pertanian (Bapeltan) Jambi, sebagai salah unit pelaksana teknis BPPSDMP, turut berperan aktif dalam upaya peningkatan kualitas SDM tersebut.

Sebagai salah satu unit pelatihan teknis pusat dibawah BPPSDMP mendukung regenerasi petani dengan cara menjalankan fungsinya dalam memberikan pelayanan teknis fungsional dan kewirausahaan dibidang pertanian bagi aparatur dan non aparatur pertanian.

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya nonaparatur pertanian dalam hal ini siswa-siswi SMK Pertanian yang magang di instansi yang terletak di tengah pulau Sumatera ini.

Keken, salah satu siswa magang dari SMKNPP Jambi jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura memaparkan kesannya selama magang.

"Ternyata dunia pertanian itu sangat menyenangkan, selama ini saya pikir pertanian itu kuno, ternyata setelah di geluti tidak demikian, banyak alat mesin pertanian dan teknologi canggih yang membuat petani sangat terbantu dalam berusaha tani," ujar Keken, Selasa (16/2).

Keken menambahkan, dia dan temen temannya yang berjumlah delapan orang melakukan praktik kerja industri (prakerin) di Bapeltan Jambi selama empat bulan dan sekarang sudah berjalan tiga minggu.

"Saat ini kami berdelapan sedang praktik pembuatan bedengan untuk penanaman bibit bengkoang bersama Bapak Muhroil dan Bapak Sandi," ujar dia.

"Sebelumnya kami belajar membuat tempat persemaian benih padi, menanam padi dan lainnya. Kami berharap disini dapat memperoleh banyak ilmu yang bermanfaat nantinya dan dapat dibagikan dengan teman-teman yang lain," sambung dia.

TAGS : Bapeltan Jambi SDM Pertanian Dedi Nursyamsi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :