Selasa, 20/04/2021 05:20 WIB

Suriah Cegah Rudal Israel yang Sasar Tentara Iran

Pesawat militer Israel sebelumnya terbang di atas Dataran Tinggi Golan untuk mencapai sasaran di tepi ibu kota, dan menjatuhkan sebagian besar rudal.

Tentara Israel (Foto: AFP)

Amman, Jurnas.com - Tentara Suriah berhasil mencegat rudal Israel di atas wilayah udara Kota Damaskus, yang menargetkan pasukan Iran yang ada di negara tersebut.

Pesawat militer Israel sebelumnya terbang di atas Dataran Tinggi Golan untuk mencapai sasaran di tepi ibu kota, dan menjatuhkan sebagian besar rudal.

"Pertahanan udara kami terus menangkal serangan rudal Israel di atas langit ibu kota," kata tentara Suriah dalam sebuah pernyataan dikutip dari Reuters pada Senin (15/2).

Seorang pembelot militer Suriah mengatakan serangan bom menghantam divisi tentara utama di kota Kiswa, hampir 14 km (8,7 mil) selatan ibu kota, yang dihuni oleh milisi yang didukung Iran.

Para saksi mendengar ledakan besar di tepi selatan Damaskus, daerah di mana milisi yang didukung Iran bercokol, kata penduduk.

Militer Israel tidak segera mengomentari serangan terbaru itu, tetapi para pejabat senior militernya telah mengakui peningkatan serangan di dalam Suriah yang bertujuan untuk mengakhiri kehadiran militer Teheran yang mengakar di Suriah.

Kepala staf Angkatan Pertahanan Israel, Aviv Kochavi, mengatakan pada akhir tahun lalu bahwa serangan rudal negaranya telah "memperlambat kubu Iran di Suriah," mencapai lebih dari 500 target pada 2020.

Sumber-sumber intelijen Barat mengatakan pengaruh militer Iran telah meluas di Suriah dalam beberapa tahun terakhir, mendorong Israel untuk meningkatkan kampanyenya untuk mencegah musuh bebuyutannya membangun pijakan militer utama di sepanjang perbatasannya.

Milisi proksi Iran, yang dipimpin oleh Hizbullah Lebanon, sekarang menguasai wilayah yang luas di Suriah timur, selatan dan barat laut, serta beberapa pinggiran kota di sekitar Damaskus. Mereka juga mengontrol wilayah perbatasan Lebanon-Suriah.

Israel, yang dalam dua bulan terakhir melancarkan beberapa serangan terbesarnya di dalam Suriah, telah berkonsentrasi di Al Bukamal, kota Suriah yang mengontrol pos pemeriksaan perbatasan di jalan raya utama Baghdad-Damaskus.

TAGS : Israel Rudal Suriah Agresi Militer Timur Tengah




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :