Minggu, 16/05/2021 00:45 WIB

Bill Gates: Mengakhiri Pandemi Covid-19 Sangat Mudah

Yang lebih berat justru mengatasi perubahan iklim, yang menurut dia akan menjadi hal paling menakjubkan yang pernah dilakukan umat manusia.

Miliarder Amerika dan pengembang perangkat lunak Bill Gates (Foto: Getty Images)

New York, Jurnas.com - Miliarder pendiri Microsoft, Bill Gates menyebut bukan hal yang sulit untuk mengakhiri pandemi Covid-19, yang saat ini menimpa seluruh dunia.

Yang lebih berat justru mengatasi perubahan iklim, yang menurut dia akan menjadi hal paling menakjubkan yang pernah dilakukan umat manusia.

"Mengakhiri pandemi itu sangat, sangat mudah," kata Bill Gates dikutip dari BBC pada Senin (15/2).

Gates mengatakan umat manusia tidak seharusnya meremehkan tantangan perubahan iklim. Dan dia memperkenalkan buku terbarunya `Bagaimana Menghindari Bencana Iklim` sebagai panduan untuk mengatasi pemanasan global.

"Kami tidak pernah melakukan transisi seperti yang kami bicarakan dalam 30 tahun mendatang. Tidak ada preseden untuk ini," ujar Gates.

51 miliar ton adalah jumlah gas rumah kaca yang rutin diproduksi oleh manusia ke atmosfer setiap tahun. Dan Gates berambisi untuk mengubah jumlah tersebut menjadi nol.

Menurut dia, sumber terbarukan seperti angin dan matahari dapat membantu mengurangi karbonisasi listrik. Namun itu saja masih kurang dari 30 persen dari total emisi.

"Kita juga harus menghilangkan karbon dari 70 persen ekonomi dunia lainnya. Baja, semen, sistem transportasi, produksi pupuk dan banyak lagi," terang Gates.

Untuk memulai upaya ini, Gates menyebut perlu dimulai dari pemerintah. Pasalnya, saat ini sistem ekonomi tidak memperhitungkan biaya riil penggunaan bahan bakar fosil.

Sebagian besar pengguna tidak membayar apapun atas kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh polusi bensin, batu bara atau gas yang menghasilkan listrik di rumah mereka.

"Saat ini, Anda tidak melihat rasa sakit yang Anda timbulkan saat Anda mengeluarkan karbon dioksida," kata Gates. Itulah mengapa dia mengatakan pemerintah harus turun tangan.

"Kami perlu memiliki sinyal harga untuk memberi tahu sektor swasta bahwa kami menginginkan produk ramah lingkungan," sambung dia.

TAGS : Bill Gates Pandemi Covid-19 Perubahan Iklim




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :