Rabu, 21/04/2021 17:19 WIB

Joe Biden Kritik Program Vaksinasi Donald Trump

Trump, yang menghabiskan dua bulan terakhir masa jabatannya dalam upaya sia-sia membalikkan hasil pemilihan presiden 3 November yang kalah, tidak memesan cukup vaksin dan tidak melakukan cukup banyak orang mengantre mendapatkan vaksin.

Calon Presiden As, Joe Biden dan Donald Trump

Bethesda, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden mengatakan, program vaksinasi covid-19 yang diwarisi dari Donald Trump berada dalam kondisi yang jauh lebih buruk dari yang dia perkirakan.

Dilansir dari Reuters, orang nomor satu di Negeri Paman itu mendesak warganya untuk lebih bersabar karena pihaknya saat ini sedang membeli 200 juta lebih dosis vaksin.

"Kami tidak akan memperbaiki semuanya untuk sementara waktu, tetapi kami akan memperbaikinya," kata Biden dalam sambutannya di National Institutes of Health di Bethesda, Maryland, Kamis (11/2).

Dengan permintaan vaksin yang jauh melebihi pasokan, warga AS sedang berjuang untuk mendapatkan janji untuk divaksin, yangmeninggalkan Biden dengan masalah akut kurang dari sebulan setelah mengambil alih dari Trump.

Biden mengatakan Trump, yang menghabiskan dua bulan terakhir masa jabatannya dalam upaya sia-sia membalikkan hasil pemilihan presiden 3 November yang kalah, tidak memesan cukup vaksin dan tidak melakukan cukup banyak orang mengantre mendapatkan vaksin.

"Sementara para ilmuwan melakukan tugasnya dalam menemukan vaksin dalam waktu singkat, pendahulu saya - saya akan sangat blak-blakan tentang hal itu - tidak melakukan tugasnya dalam mempersiapkan diri untuk tantangan besar memvaksinasi ratusan juta," kata Biden.

Seorang perwakilan Trump tidak segera menanggapi permintaan tanggapan atas komentar Biden. Trump telah menyatakan kebanggaannya atas kecepatan pengembangan vaksin di jam tangannya.

Biden mengatakan pemerintah AS telah menandatangani kontrak untuk 100 juta dosis vaksin Moderna dan 100 juta lagi dari Pfizer.

"Kami menghargai kepercayaan yang telah ditunjukkan pemerintah AS dalam Vaksin COVID-19 kami," kata CEO Moderna Stephane Bancel dalam siaran persnya.

Biden mengatakan jumlah kematian akibat virus korona AS kemungkinan akan mencapai 500.000 bulan depan. Dia mendesak orang Amerika untuk memakai masker untuk mencegah penyebaran.

"Kami sekarang telah membeli cukup vaksin untuk memvaksinasi semua orang Amerika," kata Biden. Dia mengatakan Amerika Serikat, yang memiliki populasi sekitar 330 juta, berada di jalur yang tepat untuk memiliki 300 juta dosis pada akhir Juli.

TAGS : Joe Biden Amerika Serikat Program Vaksinasi Donald Trump




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :