Jum'at, 26/04/2024 17:36 WIB

Sahroni Sesalkan Lapas Sukamiskin Terjangkit Covid-19: Kemenkumham Harusnya Lebih Preventif

Komisi III DPR menyayangkan terjadinya penyebaran Covid-19 di Lapas. Dimana, berdasarkan data Kemenkumham, hingga 5 Februari 2021 lalu terdapat 52 orang napi di Lapas Sukamiskin, Bandung yang positif Covid-19.

Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni

Jakarta, Jurnas.com - Komisi III DPR menyayangkan terjadinya penyebaran Covid-19 di Lapas. Dimana, berdasarkan data Kemenkumham, hingga 5 Februari 2021 lalu terdapat 52 orang napi di Lapas Sukamiskin, Bandung yang positif Covid-19.
 
Wakil Ketua Komisi III dari Fraksi Partai NasDem Ahmad Sahroni mengatakan, Kemenkumham harusnya lebih siap dalam melakukan tindakan preventif untuk mencegah penyebaran covid-19 di lapas.
 
"52 orang positif dalam satu lapas bukan angka yang sedikit. Sangat disayangkan hal seperti ini dapat terjadi, dan ini membuktikan bahwa Kemenkumham lengah dan belum maksimal serta tidak preventif dalam menekan penyebaran Covid-19 di dalam lapas,” kata Sahroni, kepada wartawan, Jumat (12/2).
 
Sahroni meminta kepada Kemenkumham untuk segera melakukan revisi prosedur maupun kebijakan guna menekan penyebaran Covid-19 para napi di Lapas Sukamiskin. Menurutnya, dengan mayoritas tahanan yang mungkin memiliki penyakit bawaan maupun usia yang sudah senja, sudah sewajarnya Kemenkumham meningkatkan protokol dan akses kesehatan bagi para napi.
 
Kemenkumham harus segera memperbaiki prosedur dan peraturannya mengenai protokol kesehatan Covid-19 di Lapas, termasuk juga di Sukamiskin. Ingat walaupun napi, mereka memiliki hak untuk mendapat perlindungan dari pandemi, dan apapun alasannya, Kemenkumham tidak boleh lengah dalam memastikan hak-hak ini terpenuhi,” sambungnya.
 
Terakhir, Sahroni juga mengingatkan agar jangan sampai apa yang terjadi di Sukamiskin terjadi di lapas-lapas lain di tanah air.
 
“Jangan sampai terjadi lagi seperti ini, karena walau bagaimanapun, kita sebagai penegak hukum punya kewajiban untuk menghargai harkat dan derajat manusia. Ini yang terpenting,” demikian Sahroni.
KEYWORD :

Komisi III DPR Ahmad Sahroni Kemenkumham Lapas Sukamiskin Covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :