Kamis, 07/07/2022 20:11 WIB

Ketua Komisi IX Laporkan Hasil Uji Kelayakan Calon Dewas BPJS ke Pimpinan DPR

Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene menyampaikan hasil uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap Calon Anggota Dewan Pengawas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Dewan BPJS) bidang Kesehatan dan BPJS bidang Ketenagakerjaan pada Rapat Paripurna DPR RI, Rabu (10/2).

Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene menyampaikan hasil uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap Calon Anggota (Dewan Pengawas BPJS) bidang Kesehatan dan BPJS bidang Ketenagakerjaan pada Rapat Paripurna DPR RI di Gedung DOR, Senayan, Jakarta, Rabu (10/2).

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene menyampaikan hasil uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap Calon Anggota Dewan Pengawas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Dewan BPJS) bidang Kesehatan dan BPJS bidang Ketenagakerjaan pada Rapat Paripurna DPR RI, Rabu (10/2).

Dalam rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad itu, Felly menuturkan, pada 29 Desember 2020 Presiden RI Joko Widodo mengirim surat kepada Ketua DPR RI dengan Nomor R-51/Pres/12/2020 perihal penyampaian nama-nama calon dewan pengawas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) bidang Ketenagakerjaan dari unsur pekerja, pemberi kerja dan  unsur tokoh masyarakat. Serta surat nomor R-52/Pres/12/2020 perihal penyampaian nama-nama calon anggota pengawasan BPJS bidang Kesehatan dari unsur pekerja, pemberi kerja dan unsur tokoh masyarakat.

Presiden meminta DPR RI agar dapat memilih 5 orang anggota dewas dari unsur pekerja 2 orang, unsur pemberi kerja 2 orang dan unsur tokoh masyarakat 1 orang yang selanjutnya akan ditetapkan pengangkatannya dengan keputusan presiden. 

"Terhadap surat ini, Rapat Konsultasi Pengganti Rapat Bamus antara Pimpinan DPR dan Pimpinan Fraksi pada tanggal (19/1)  menugaskan Komisi IX DPR untuk membahas calon Anggota Dewas BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan dari tiga unsur tersebut," kata Felly.

Menindaklanjuti penugasan pimpinan DPR RI tersebut, Komisi IX melakukan rangkaian uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon Dewas BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Pada tanggal 21 Januari para calon dewas mengambil nomor urut dan membuat naskah. 

Dilanjutkan pada tanggal 25 sampai 26 Januari 2021, Komisi IX melakukan uji kelayakan pada Calon Dewas BPJS bidang Kesehatan dan 27 sampai 28 pihaknya kembali melakukan uji kelayakan pada Calon Dewas BPJS bidang Ketenagakerjaan.

"Berdasarkan hasil uji kelayakan dan kepatutan, serta mempertimbangkan masukan masyarakat,  Komisi IX DPR RI memilih Anggota Dewas BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan periode 2021-2026 berdasarkan musyawarah untuk mufakat," ucap politisi Partai NasDem itu.

Adapun Anggota Dewas BPJS Kesehatan yang terpilih berdasarkan musyawarah dan mufakat di Komisi IX DPR RI yakni Indra Yana dan Siruaya Utamawan dari unsur pekerja, Iftida Yasar dan Inda Deryanne Hasman dari unsur pemberi kerja dan Ibnu Naser Arrohimi dari unsur tokoh masyarakat. 

Sementara, Dewas BPJS Ketenagakerjaan yang terpilih adalah Yayat Syariful Hidayat dan Agung Nugroho dari unsur pekerja, Subchan Gatot dan Muhamad Aditya Warman dari unsur pemberi kerja serta Muhammad Iman Nuril Hidayat Budi Pinuji dari unsur tokoh masyarakat. 

TAGS : Warta DPR Komisi IX DPR Dewas BPJS Paripurna DPR Felly Estelita Runtuwene




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :