Sabtu, 15/05/2021 18:11 WIB

Pemerintahan Joe Biden Dukung Penyelidikan WHO di Wuhan

Departemen Luar Negeri AS yang ketuanya di bawah Donald Trump, Mike Pompeo, adalah pendukung utama teori laboratorium mengatakan sedang menunggu temuan lengkap dari WHO.

Suasana di Kota Wuhan, Hubei, China

Washington, Jurnas.com - Amerika Serikat (AS) menyuarakan dukungan untuk para peneliti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang sedang menyelidiki sumber virus corona (COVID-19) di Wuhan, China.

Sebuah misi ke China dari WHO mengatakan pada Selasa (9/2) mereka telah gagal menemukan sumber di balik penyakit yang telah menewaskan lebih dari 2,3 juta orang itu, tetapi mengatakan hipotesis laboratorium sangat tidak mungkin.

Departemen Luar Negeri AS yang ketuanya di bawah Donald Trump, Mike Pompeo, adalah pendukung utama teori laboratorium mengatakan sedang menunggu temuan lengkap dari WHO.

"Saya pikir daripada terburu-buru mengambil kesimpulan yang mungkin dimotivasi oleh hal lain selain sains, kami ingin melihat ke mana data itu membawa kami, ke mana sains itu membawa kami, dan kesimpulan kami akan didasarkan pada itu," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price kepada awak media.

"Kami jelas mendukung penyelidikan ini," katanya.

Pompeo adalah musuh bebuyutan Beijing dan memimpin tuduhan menyalahkan para pemimpin komunis China atas COVID-19 pada saat Trump menghadapi kritik keras atas penanganannya terhadap pandemi di dalam negeri.

Pompeo menunjuk pada upaya awal China untuk menyembunyikan kasus dan tidak sepenuhnya mengesampingkan bahwa virus SARS-CoV-2 dirilis dengan sengaja.

Dalam temuan yang dirilis lima hari sebelum Presiden Joe Biden dilantik, Departemen Luar Negeri Pompeo mengatakan AS sadar bahwa sebelum wabah massal itu beberapa peneliti di Institut Virologi Wuhan jatuh sakit dengan gejala yang konsisten dengan COVID-19 dan gejala penyakit musiman biasa.

Price mengatakan, lembar fakta 15 Januari sangat jelas bahwa itu tidak meyakinkan. "Itu tidak memberikan kepercayaan pada satu teori di atas yang lain."

Price, bagaimanapun, berbagi kritik bahwa China menyembunyikan informasi. "Saya pikir dengan jelas orang China, setidaknya sampai saat ini, tidak menawarkan transparansi yang kami butuhkan dan, yang sama pentingnya, kebutuhan komunitas internasional, sehingga kami dapat mencegah pandemi semacam ini terjadi lagi," kata Price.

Ditanya apakah China telah sepenuhnya bekerja sama dengan tim WHO, dia berkata: "Saya pikir juri masih keluar."

Trump menuduh WHO berutang budi kepada China dan memerintahkan penarikan Amerika Serikat dari badan PBB, tindakan yang segera dibalik oleh Biden.

TAGS : Asal Usul Corona China Amerika Serikat WHO Joe Biden




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :