Rabu, 24/04/2024 16:29 WIB

Kapolri: Polri dan KPK Sepakat Join Investigasi

diharapkan KPK bersama Polri dan Kejasaan kedepannya akan bersinergi, sehingga tidak ada celah.

Ketua KPK Firli Bahuri dan Kapolri Listyo Sigit di Gedung KPK

Jakarta, Jurnas.com - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan alasannya mengunjungi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia mengatakan, menjadi bagian silahturahmi kepada lembaga penegak hukum salah satunya KPK.

"Saya selaku Kapolri baru wajib hukumnya bersilaturahmi ke KPK," ujar Listyo Sigit di Gedung Merah Putih KPK Jakarta, Selasa (9/2)

Dalam kunjungan itu turut dibahas beberapa hal, salah satunya untuk melakukan penguatan di bidang sumber daya manusia (SDM). Karena hal tersebut menjadi bagian dari kesepakatan bersama dibidang pencegahan antara Polri dan KPK.

"Seperti kita ketahui bahwa pemerintah dalam hal ini banyak melakukan kegiatan recofusing dalam rangka penanggulang covid dan pemulihan ekonomi nasional. Tentunya ini harus kita jaga agar bisa berjalan dg baik dan kenudian program tersebut bisa tepat waktu, tepat sasaran dan tentunya kita kurangi resiko-resiko kebocoran yang ada," jelasnya.

Selain itu, lanjut Listyo, dalam bidang penindakan, Polri bersama KPK akan memperkuat investigasi secara bersama (join investigation). Serta bersinergi dalam hal edukasi dan juga supervisi sebagai penegak hukum.

"Kemudian ada kegiatan di bidang penindakan tentunya kami sepakat melakukan sinegri dalam bentuk join investigas, tentunya kegiatan terkait penindakan di lapangan juga kami tentunya kami akan terus sinergi termasuk juga kegiatan terkait dengan masalah edukasi, dan juga terkait masalah supervisi yang selama ini sering terjaid antara penegak hukum kan tentunya perlu ada kesepatakan," jelasnya.

Dimana, melalui supervisi tersebut, diharapkan KPK bersama Polri dan Kejasaan kedepannya akan bersinergi, sehingga tidak ada celah.

Dikesempatan yang sama, Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan pihaknya menyambut baik kedatangan Kapolri Listyo beserta jajarannya. Silahturahmi itu juga diharapkan memperkuat kerjasama dan sinergi antara KPK dan Polri.

"Hari ini kami sungguh berbahagia menerima kedatangan Kapolri, kedatangan Kapolri memang kita tunggu-tunggu terkait dengan bagaimana KPK dan Polri mempertahankan, memelihara, dan menindaklanjuti kerja sama dan sinergi untuk melakukan pemberantasan korupsi. Jadi tidak ada kata lain kecuali KPK dan Polri bekerja sama saling memperkuat pemberantasan korupsi," kata Firli.

KEYWORD :

KPK Listyo Sigir Kapolri Hari Pers nasional 2021




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :