Senin, 04/07/2022 01:09 WIB

Curhat Rektor usai UNJ Raih Akreditasi Unggul

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) berhasil memperoleh akreditas unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), berdasarkan SK BAN-PT Nomor 45/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2021.

Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Komarudin (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) berhasil memperoleh akreditas unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), berdasarkan SK BAN-PT Nomor 45/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2021.

Akreditasi unggul diberikan dengan merujuk pada sembilan kriteria, yaitu: 1) Visi, Misi, Tujuan dan Strategi; 2) Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerja Sama; 3) Mahasiswa; 4) Sumber Daya Manusia; 5) Keuangan, Sarana dan Prasarana; 6) Pendidikan; 7) Penelitian; 8) Pengabdian Masyarakat; dan 9) Output dan Capaian Tridharma Perguruan Tinggi.

Rektor UNJ, Prof. Dr. Komarudin, M.Si menyatakan terharu atas capaian tersebut. Pasalnya, pada 2017 lalu UNJ sempat tersandung kasus plagiarisme yang mengakibatkan lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan (LPTK) itu turun peringkat dari akreditasi A menjadi B.

"Sejak 2017 kita turun dari A menjadi B. Sejak itu kita sedih. Sedih yang tak terperikan. Ada yang bilang itu hukuman," ujar Komarudin dalam konferensi pers pada Jumat (5/2) di Kampus UNJ, Rawamangun, Jakarta Timur.

Sejak saat itu, lanjut Komarudin, seluruh jajaran kampus UNJ bekerja keras untuk meningkatkan akreditasi, hingga akhirnya usaha itu terbayarkan dalam SK BAN-PT tertanggal 2 Februari 2021.

"Kami ucapkan terima kasih kepada tim kerja, tim APT, yang sehari-harinya bekerja keras, sampai menginap, bahkan tidak terpikirkan sudah makan atau belum. Kadang juga ketika data kurang kita gelagapan," kenang Komarudin.

Komarudin mengatakan, akreditasi unggul ini akan menjadi acuan pihaknya untuk bekerja lebih keras lagi ke depannya, dengan menata sistem informasi, regulasi, dan tata kelola lebih baik lagi.

"Ke depan kita tidak boleh lengah, salah satunya dengan memperbaiki sistem informasi," tegas dia.

"Semua bagian atau bidang akan kita tingkatkan kinerjanya, kemudian berupaya meningkatkan soliditas. Semua komponen internal harus kompak, termasuk eksternal. Apa yang dinilai oleh asesor, harus kita wujudkan dalam kehidupan nyata," sambung Komarudin.

TAGS : Universitas Negeri Jakarta UNJ Akreditasi Unggul Komarudin




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :