Jum'at, 19/04/2024 18:27 WIB

Tinjau Danau Toba, Azis Minta Wagub Sumut Bangkitkan Sektor Pariwisata

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin meninjau destinasi Pariwisata dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di sekitar Danau Toba dan Pulau Samosir yang merupakan salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang terdampak pandemi Covid 19. 

Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin meninjau destinasi Pariwisata dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di sekitar Danau Toba dan Pulau Samosir yang merupakan salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang terdampak pandemi Covid 19.

Dalam kesempatan itu, Azis mengatakan bahwa pandemi Covid-19 sangat berimbas terhadap penurunan pendapatan para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kecil serta masyarakat sekitar Danau Toba.

“Saya bersama Wagub Sumut dan Anggota Golkar ingin melihat secara langsung kondisi masyarakat sekitar untuk dapat memberikan optimisme dan mendengar secara langsung keluhan masyarakat sekitar,” kata Azis yang ditemani  Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu menerangkan, Pariwisata merupakan penyumbang devisa negara yang cukup besar. Karenanya, kita harus dapat kembali membangkitkan sektor pariwisata kembali di tengah pandemi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Kita harapkan seluruh Pemerintah Daerah baik Provinsi, Kabupaten dan stakholder dapat saling sinergis untuk kembali membangkitkan pariwisata di Danau Toba yang telah terkenal di seluruh penjuru dunia demi terciptanya pemulihan ekonomi,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah mengatakan bahwa kedepannya Pemerintah Provinsi akan terus berusaha membangkitkan sektor Pariwisata dan Umkm di wilayah Danau Toba dan Pulau Samosir dengan langkah awal membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni.

"Nantinya kita akan membuat sekolah pariwisata di Danau Toba dan melakukan pelatihan serta pendampingan terhadap para pelaku usaha serta masyarakat sekitar mengenai pemasaran dengan mengikuti perkembangan tehnologi memberikan dan terus melalukan perbaikan sarana dan prasarana yang memadai" tandasnya.

Ketua DPD Golkar Sumut itu menjelaskan, pihaknya juga turut berterima kasih kepada Pemerintah Pusat yang telah memilih Sumut menjadi salah lokasi food estate. 

Dia berharap agar para pelaku usaha pariwisata dan umkm dapat terus memanfaatkan potensi alam yang dimiliki.

"Kehadiran food estate nantinya dapat membantu daerah dengan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tengah pandemi dengan terus berusaha membangkitkan pariwisata di Danau Toba dan sekitarnya" demikian Musa Rajekshah.

KEYWORD :

Pimpinan DPR Golkar Danau Toba Azis Syamsuddin Sumut Pariwisata




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :