Sabtu, 15/05/2021 15:02 WIB

Mahfud MD Sebut Bangsa Indonesia Harus Bersyukur Ada NU

hubbul wathon minal iman (cinta tanah air adalah bagian dari iman) sangat Islami dan Indonesiawi

Mahfud MD

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan HAM (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan bangsa Indonesia patut bersyukur karena ada Nahdlatul Ulama (NU) yang selalu mengawal tegaknya negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan wajah Islam yang ramah.

Hal itu disampaikan Mahfud MD sebagai perayaan Harlah ke-95 NU, (31 Januari 1962 - 31 Januari 2021), melalui akun twitter pribadinya yang diunggah, Sabtu (30/1/2021) malam.

"Selamat hari jadi Nahdlatul Ulama (NU) yang ke-95 tahun. Bangsa Indonesia patut bersyukur mempunyai NU, ormas Islam yg menyebarkan Islam yang ramah," tegas Mahfud.

Mantan Menteri Pertahanan (era Gus Dur) ini menyebut NU berjasa mempertemukan prinsip keislaman dengan paham kebangsaan, membangun nasionalisme dan ada di barisan depan dalam kemerdekaan Indonesia.

Mahfud juga menyinggung istilah hubbul wathon minal iman (cinta tanah air adalah bagian dari iman. Hal itu bukan ayat Al-Qur`an atau pun Hadits Nabi.

"Itu merupakan ungkapan dalil yang secara fiqhiyah diciptakan oleh NU melalui istinbath (penggalian) terhadap nilai-nilai Al-Qur`an dan Hadits, sehingga sangat Islami dan Indonesiawi," tegas Mahfud.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siroj menegaskan, NU akan selalu bersama rakyat kecil dan masyarakat miskin yang belum mendapatkan hak hidup dengan wajar.

Kiai Said juga memastikan NU akan terus menyuarakan keadilan, karena masih banyak masyarakat Indonesia yang hidupnya tertindas.

"Mari kita suarakan keadilan. Karena masyarakat kita masih banyak yang tertindas. Masih banyak yang miskin, masih banyak yang belum mendapatkan haknya dengan wajar. Mari kita berpihak pada rakyat kecil yang masih butuh pendampingan dari kita semua,” tegas Kiai Said.

TAGS : Mahfud MD Menkopolhukam Harlah ke-95 Nahdlatul Ulama KH Said Aqil Sirodj




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :