Sabtu, 20/04/2024 03:29 WIB

Fadel Bicara Soal Pancasila, Dasar dan Ideologi Yang Sudah Final

Tidak benar kalau ada yang menganggap, seolah olah agama Islam akan menjadi dasar negara Indonesia, meskipun mayoritas masyarakat beragama  Islam.

Wakil Ketua MPR, Fadel Muhammad. (Foto: MPR)

Semarang, Jurnas.com - Dihadapan perwakilan pemuda dan mahasiwa Kota Semarang, Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad menegaskan bahwa Pancasila adalah dasar dan Ideologi Bangsa Indonesia. Keputusan menjadikan Pancasila sebagai dasar dan ideologi Bangsa Indonesia, bersifat final dan tidak bisa diubah-ubah lagi. Karena kesepakatan tersebut diterima dan diakui oleh para pendiri bangsa termasuk pemuka agama.

"Tidak benar kalau ada yang menganggap, seolah olah agama Islam akan menjadi dasar negara Indonesia, meskipun mayoritas masyarakat beragama  Islam," kata Fadel Muhammad menambahkan.

Pernyataan itu disampaikan Wakil Ketua MPR saat membuka Sosialisasi Empat Pilar MPR, di hadapan anggota Karang Taruna Kota Semarang dan Kabupaten Demak, juga mahasiswa Unisula dan UIN Walisongo Semarang. Acara tersebut berlangsung di sekretariat Dewan Perwakilan Daerah  Provinsi Jawa Tengah, Sabtu (30/1/2021).

Sudah waktunya kata Fadel, rakyat Indonesia berlaku semakin dewasa dalam mencerna setiap informasi yang berkembang di masyarakat. Apalagi, saat ini banyak bermunculan informasi yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya. Termasuk informasi seputar spekulasi menjadikan Islam sebagai dasar dan ideologi berbangsa dan bernegara.

Pada kesempatan tersebut, Fadel Muhammad, itu mengajak para pemuda untuk terus mengembangkan potensi dirinya masing-masing. Mulai dari kemauan untuk maju dan terus berkembang. Kemauan memperluas jaringan dan pertemanan. Juga kemauan untuk berkuasa.

"Tingkatkanlah kapasitas dirimu untuk terus belajar. Gunakanlah kesempatan, sekecil apapun yang menghampirimu. Dan gunakanlah strategi yang tepat untuk mencapai cita-citamu. Bila semua itu dilakukan dengan baik, niscaya kalian akan menjadi orang-orang yang sukses di masa depan," kata Fadel Muhammad menambahkan.

Pada kesempatan itu, Fadel mengajak generasi muda, mengikuti anjuran pemerintah untuk memutus penularan Covid -19. Terutama menyangkut protokol kesehatan, dan ikut dalam gerakan vaksinasi Covid-19.

 

KEYWORD :

Kinerja MPR Fadel Muhammad Islam Dasar Pancasila




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :