Jum'at, 28/01/2022 09:11 WIB

China Mulai Operasikan Reaktor Nuklir Bertekanan Air

China National Nuclear Corp (CNNC) mengatakan unit Hualong One pertama, reaktor nuklir bertekanan air generasi ketiga, mulai beroperasi secara komersial pada Sabtu (30/1).

Reaktor nuklir bertekanan air milik China (Foto: Reuters)

Beijing, Jurnas.com - China National Nuclear Corp (CNNC) mengatakan unit Hualong One pertama, reaktor nuklir bertekanan air generasi ketiga, mulai beroperasi secara komersial pada Sabtu (30/1).

Reaktor yang berlokasi di Fuqing, Fujian tersebut pertama kali terhubung ke jaringan listrik pada 27 November tahun lalu, dengan proses pengerjaan selama lebih dari lima tahun.

"Ini menandai bahwa China telah menguasai teknologi tenaga nuklir independen generasi ketiga setelah Amerika Serikat, Prancis, Rusia, dan lainnya," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan di akun resmi WeChat dikutip dari Reuters.

Unit Hualong One yang dirancang memiliki usia hingga 60 tahun, memiliki kapasitas terpasang masing-masing 1,161 juta kilowatt.

Pembangunan unit Hualong One kedua di lokasi Fuqing akan selesai tahun ini. CNNC mengatakan proyek itu akan membantu China mengamankan kebutuhan energi nasionalnya dan mencapai netralitas karbon.

TAGS : Reaktor Nuklir Bertekanan Air China Pembangkit Listrik




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :