Senin, 14/06/2021 04:25 WIB

LIGA CHAMPION

Guardiola vs Enrique, Dua Sahabat yang Berseteru

Guardiola dan Enrique, keduanya adalah sahabat dan sama-sama berseragam Barcelona pada 1996 - 2001, dan tim nasional Spanyol.

Dua sahabat, Luis Enrique (kiri) dan Pep Guardiola (kanan) saat berseragam Barcelona./foto: kooxda

Jakarta - Josep `Pep` Guardila adalah sosok yang membentuk Barcelona menjadi mesin yang menakutkan. Di tangannya, keperkasaan Barcelona mampu menumbnagkan setiap tim yang dihadapinya. Pep tahu kunci-kunci dalam setiap gerakan pemain Barcelona. Empat tahun membesut Barcelona, Pep sudah mengoleksi 14 trofi.

Dari Barcelona Pep mencari tantangan baru di Bayern Muenchen, Bundeliga Jerman. Hanya saja, Muenchen tak menunjukkan performa laiknya Barcelona. Selama tiga tahun membesut Lahm dkk, Guardiola mengoleksi 5 trofi. Sementera di Manchester City sekarang ini, Guardiola telah menjalani tujuh pertandingan dengan sekali kalah.

Perjumpaannya dengan Barcelona, dengan tim yang berbeda, bukan yang pertama buat Pep. Dan, dari semua pertandingan, hanya sekali menang saat Muenchen bertemu Barcelona liga Champion di babak semifinal. Barcelona tetap melaju karena menang agregat.

Sementara dengan City, Messi dkk dua kali menundukkan City di liga Champion 2013/2014 di babak 16 besar.

Barcelona, yang sekarang dibesut Luis Enrique memang tidak segarang dulu. Namun, Barcelona konsisten di jalur kemenangan. Bersama Enrique, yang baru mengoleksi lima gelar, Barcelona menjadi tim paling tajam. Lewat tangan dinginnya, Barcelona telah mencetak 300 gol dan baru kebobolan 72 gol, dalam kurun waktu 100 pertandingan terakhir di semua ajang.

Luis Enrique, meski memiliki koleksi gelar lebih sedikit ketimbang Guardiola, namun memiliki tren kemenangan lebih banyak. Guardiola dan Enrique, keduanya adalah sahabat dan sama-sama berseragam Barcelona pada 1996 - 2001, dan tim nasional Spanyol. Namun, sebagai pelatih, Guardiola dipercaya banyak orang sebagai sosok yang menjadikan tim dari katalan itu mesin mematikan.

"Pep benar-benar teman yang baik. Menurut saya, dia pelatih terhebat di dunia," ucap Enrique seperti dikutip dari laman UEFA, mengomentari pertemuan timnya Barcelona melawan Manchester City pada Kamis (20/10) dinihari nanti.[]

TAGS : jurnas liga champion barcelona manchester city luis enrique pep guardiola tim katalan liga in




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :