Sabtu, 15/05/2021 21:58 WIB

Nigeria Memulangkan Ratusan Migran dari Arab Saudi

Pengangguran yang tinggi dan dua resesi dalam empat tahun telah mendorong ribuan warga Nigeria mencari pekerjaan di luar negeri.

Seorang pria Nigeria, yang dipulangkan dari Arab Saudi, melihat saat check-in imigrasi setibanya di bandara Internasional Nnamdi Azikiwe di Abuja, Nigeria 28 Januari 2021. (Foto: Reuters)

Jurnas.com - Nigeria mengevakuasi ratusan warganya dari Arab Saudi pada Kamis setelah mereka melampaui batas visa dan ditinggalkan, - saksi Reuters.

Orang-orang yang kembali pertama, dengan topeng dan jubah panjang, terlihat berjalan melintasi landasan setelah pesawat mereka mendarat di ibu kota Abuja.

Pengangguran yang tinggi dan dua resesi dalam empat tahun telah mendorong ribuan warga Nigeria mencari pekerjaan di luar negeri. Tetapi pandemi virus corona telah mengurangi peluang kerja di negara lain dan pembatasan perjalanan membuat banyak orang terlantar.

Sebuah video yang beredar di media sosial dalam beberapa pekan terakhir menunjukkan warga Nigeria yang mengatakan mereka telah ditahan di Arab Saudi selama lebih dari tiga bulan sementara negara lain telah menerbangkan warganya yang terlantar dalam waktu dua minggu atau lebih.

Pemerintah telah mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya sedang bekerja dengan otoritas Saudi untuk memulangkan 802 warga Nigeria melalui dua penerbangan pada hari Kamis dan Jumat.

Abike Dabiri-Erewa, ketua Komisi Diaspora Nigeria (NIDCOM), mengatakan Jumat lalu bahwa evakuasi telah ditunda karena pandemi COVID-19.

"Kami mengimbau warga Nigeria untuk menolak bepergian ke luar negeri tanpa dokumen yang sesuai. Ini menjadi sangat berbahaya dan lebih sulit," katanya.

TAGS : Nigeria Arab Saudi Pengangguran Kerja




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :