Selasa, 20/04/2021 05:35 WIB

Aktris Hollywood, Cicely Tyson Meninggal Pada Usia 96 Tahun

Cicely, mantan model fashion, dikenal karena memerankan karakter Afrika-Amerika yang kuat selama kariernya yang gemerlap selama tujuh dekade.

Cicely Tyson meninggal pada usia 96 tahun. (Foto: Mirror)

Jurnas.com - Cicely Tyson, yang dikenal karena perannya dalam Sounder dan Autobiography Of Miss Jane Pittman, meninggal pada usia 96 tahun.

Cicely, mantan model fashion, dikenal karena memerankan karakter Afrika-Amerika yang kuat selama kariernya yang gemerlap selama tujuh dekade.

Aktris perintis ini memenangkan tiga Emmy, SAG Award, Tony dan Honorary Academy Award. Cicely meninggal dengan damai pada hari Kamis (28/1/2021). Tidak ada penyebab kematian yang diberikan.

Larry Thompson, manajer Tyson, berkata: "Saya telah mengelola karier Nona Tyson selama lebih dari 40 tahun, dan setiap tahun merupakan hak istimewa dan berkat.

Lahir di Harlem, Cicely memulai karirnya di bidang fashion setelah ditemukan oleh fotografer majalah Ebony.

Peran film pertamanya datang pada tahun 1956 B-film Carib Gold dan dia mengikutinya dengan tugas terobosan di drama TV East Side / West Side.

Dilansir dari Mirror, Jumat (29/1/2021), serial ini pertama kali ditayangkan pada tahun 1963 dan menandai pertama kalinya seorang Afrika Amerika membintangi sebuah drama televisi.

Pada tahun 1972 datang peran yang membawa Cicely ketenaran dan pengakuan luas. Dia memerankan Rebecca Morgan di Sounder, sebuah film tentang petani bagi hasil kulit hitam yang mencoba bertahan dari Depresi Hebat. Cicely dinominasikan untuk Bafta dan Oscar untuk aktris terbaik.

Dia memenangkan dua Emmy karena membintangi sebagai mantan budak berusia 110 tahun dalam film TV 1974 The Autobiography Of Miss Jane Pittman dan pada 2016 dianugerahi Presidential Medal of Freedom oleh Barack Obama, penghargaan sipil tertinggi di AS.

Pada saat itu, Obama berkata: "Keyakinan dan rahmat Cicely telah membantu kami untuk melihat martabat setiap kenangan indah keluarga Amerika."

Cicely membintangi drama periode 2011 The Help, bersama Emma Stone, Viola Davis dan Octavia Spencer.

Bintang Euphoria Zendaya telah bergabung dengan mereka yang memberikan penghormatan kepada Tyson.

Aktris itu berkata: "Yang ini menyakitkan, hari ini kita menghormati dan merayakan kehidupan salah satu yang terbesar yang pernah melakukannya. Terima kasih Cicely Tyson. Beristirahatlah dengan kekuatan besar."

Akademi, badan yang mengawasi Oscar, juga berbagi penghargaan.

Dikatakan: "Di awal karirnya, Cicely Tyson berjanji pada dirinya sendiri bahwa dia hanya akan memerankan wanita yang kuat, Harriet Tubman, Coretta Scott King, Nona Jane Pittman, dan banyak lainnya.

"Pemenang Oscar Kehormatan pada 2019 untuk karya luar biasa, dia memimpin dengan memberi contoh dan akan dirindukan."

Aktris Sex And The City Cynthia Nixon juga memberikan penghormatan, dengan mengatakan: "Amerika memiliki banyak aktris hebat, tetapi tidak ada yang lebih hebat dari Cicely Tyson. Istirahat dalam Kekuasaan"

Viola Davis membintangi bersama Tyson dalam drama periode 2011 The Help dan memuji karirnya yang luar biasa, mengatakan dia "memberi saya izin untuk bermimpi".

Davis berkata: "Saya hancur. Hati saya baru saja hancur. Saya sangat mencintaimu !! Anda adalah segalanya bagi saya! Anda membuat saya merasa dicintai dan dilihat dan dihargai di dunia di mana masih ada jubah tak terlihat bagi kita gadis cokelat hitam.

"Anda memberi saya izin untuk bermimpi ... karena hanya dalam mimpi saya saya bisa melihat kemungkinan dalam diri saya.

"Terima kasih telah mengubah hidupku. Terima kasih atas pembicaraan yang panjang. Terima kasih telah mencintaiku. Istirahatlah dengan baik."

TAGS : Cicely Tyson Meninggal Oscar Obama Emmy




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :