Minggu, 13/06/2021 18:47 WIB

Anggaran Kementan Disunat, DPR Pertanyakan Keberpihakan Pemerintah terhadap Petani

DPR mempertanyakan keberpihakan pemerintah kepada petani menyusul pemangkasan anggaran Kementerian Pertanian (Kementan) sebesar Rp 6,33 triliun.

Anggota Komisi IV DPR, Charles Meikyansyah. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Komisi IV DPR, Charles Meikyansah mempertanyakan keberpihakan pemerintah kepada petani menyusul pemangkasan anggaran Kementerian Pertanian (Kementan) sebesar Rp 6,33 triliun.

Charles mempertanyakan keberpihakan pemerintah saat rapat kerja (Raker) dengan Mementeri Pertanian (Kementan), Syahrul Yasin Limpo di Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (25/1).

"Dengan pengurangan anggaran yang sangat besar ini membuat kita bertanya di mana keberpihakan pemerintah. Kita tahu bahwa sektor pertanian adalah tumpuan sebagian besar rakyat Indonesia yang bekerja di sektor pertanian," kata Charles.

Kementan mengalami refocusing sebesar Rp 6,33 triliun berdasarkan Surat Kementerian Keuangan Nomor 30/MK.02/2021 tanggal 12 Januari 2021, sehingga pagu anggaran 2021 setelah refocusing adalah sebesar Rp 15,51 triliun. Sebelumnya, anggaran Kementan2020 sebesar sebesar Rp21,84 triliun.

"Dari total pagu anggaran Rp 21,83 triliun dengan penghematan pagu anggaran Kementan saat ini menjadi Rp 15,51 triliun kami melihat sekali lagi tidak berpihakannya pemerintah terhadap sektor pertanian," kata politisi partai NasDem itu.

Terlebih, lanjut Charles, anggaran yang paling besar dipangkas ialah program ketersediaan akses dan konsumsi pangan berkualitas dari semula Rp12 triliun menjadi Rp 8 triliun lebih dan program nilai tambah dan daya saing industri dari semula Rp 2,17 triliun menjadi Rp 1,2 triliun.

"Kami merasa kekuatan dalam forum hari ini dalam pengertian Pak Mentan dan jajarannya untuk kembali melobi agar sektor pertanian tidak dipangkas, malah kalau bisa itu ditambah," kata Charles.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengatakan akan bertemu pihak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pekan ini untuk membahas perihal pemotongan anggaran tersebut.

"Jumat ini, kami akan ketemu Kemenkeu ada informasi bahwa tentu saja karena ini pemotongan bersifat umum itu akan dilakukan. Tapi prioritas Kementan akan mendapatkan perhatian khusus Presiden dan Kemenkau mungkin (anggaran, Red) sebagian bisa dikembalikan lagi kepada kita," kata Syahrul.

TAGS : Komisi IV DPR Charles Meikyansyah Anggaran Kementan Syahrul Yasin Limpo




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :