Sabtu, 20/04/2024 17:11 WIB

Chili Panik Dipicu oleh Peringatan Tsunami yang Keliru Setelah Gempa

Dia mengatakan agensi menyesali ketidaknyamanan yang disebabkan oleh pesan-pesannya, yang dia salahkan sebagai kesalahan teknis.

Seorang pria memeriksa ponselnya setelah menerima pesan dari kantor darurat nasional. (Foto: Reuters)

Santiago, Jurnas.com - Pihak berwenang di Chili mengatakan pada hari Sabtu (23/1/2021) bahwa mereka menyesali kepanikan yang menyebar dengan peringatan tsunami yang keliru yang meminta orang-orang untuk keluar dari daerah pantai setelah gempa bumi di Antartika.

Kementerian dalam negeri mengatakan di Twitter bahwa gempa berkekuatan 7,1 melanda pada pukul 8.36 malam. 216 km timur laut dari basis ilmiah O’Higgins Chile dan menyerukan agar daerah pesisir Antartika dievakuasi karena risiko tsunami.

Dilansir dari Reuters, Minggu (24/1/2021), Kementerian juga mengirim pesan ke telepon seluler di seluruh negeri, mendesak orang-orang untuk meninggalkan daerah pesisir, meskipun kementerian kemudian mengatakan itu dikirim karena kesalahan.

"Kami ingin memberikan ketenangan pikiran kepada penduduk, memberi tahu mereka bahwa tidak perlu mengevakuasi seluruh wilayah nasional, hanya pangkalan Antartika," kata Miguel Ortiz dari Kantor Darurat Nasional (ONEMI) kementerian dalam konferensi pers.

Dia mengatakan agensi menyesali ketidaknyamanan yang disebabkan oleh pesan-pesannya, yang dia salahkan sebagai kesalahan teknis.

Orang-orang di kota-kota pesisir termasuk La Serena, di sebelah utara Santiago, dan Valparaiso, mulai meninggalkan daerah yang dekat dengan pantai setelah peringatan tersebut sampai muncul laporan bahwa itu adalah alarm palsu.

Tetapi ketika orang Chili bereaksi terhadap peringatan itu, gempa kedua, berkekuatan 5,6, melanda wilayah perbatasan Chili-Argentina, pada pukul 9.07 malam. Tidak ada kerusakan yang dilaporkan dari kedua gempa tersebut.

Sernageomin mengatakan bahwa setelah gempa pertama, 80 orang dievakuasi dari pangkalan utama Chili di Antartika, Pangkalan Presidente Eduardo Frei Montalva di Semenanjung Fildes di barat Pulau King George, dan 55 lainnya dari tiga pangkalan lainnya, bersama dengan lima pangkalan asing.

KEYWORD :

Chili Gempa Tsunami Alarm Palsu Miguel Ortiz




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :