Kamis, 22/04/2021 20:56 WIB

Ikut Campur Masalah Taiwan, China Ancam Sanksi Pejabat AS

Pejabat Amerika Serikat (AS) yang ikut campur dalam masalah Taiwan, terancam mendapatkan sanksi dari China.

Amerika Serikat dan China (Foto: Jurnas)

Beijing, Jurnas.com - Pejabat Amerika Serikat (AS) yang ikut campur dalam masalah Taiwan, terancam mendapatkan sanksi dari China. Demikian keterangan Kementerian Luar Negeri China pada Senin (18/1), setelah Washington mencabut pembatasan komunikasi antara pejabat AS dan Taiwan.

Hubungan China-AS memburuk akibat kebijakan yang diumumkan oleh Menlu AS Mike Pompeo tersebut. Kemarahan itu makin membuncah pasca duta besar AS untuk PBB, Kelly Craft, minggu lalu berbicara dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen.

"Karena tindakan yang salah dari Amerika Serikat, China telah memutuskan untuk menjatuhkan sanksi kepada pejabat AS yang bertanggung jawab yang telah terlibat dalam perilaku buruk terkait masalah Taiwan," tegas juru bicara kementerian Hua Chunying dikutip dari Reuters.

Bulan lalu China mengatakan akan memberikan sanksi kepada individu AS, sebagai tanggapan timbal balik terhadap sanksi AS terhadap lebih dari selusin pejabat China. Hua juga tidak merinci nama-nama pejabat AS yang terkena sanksi dan sifat sanksi tersebut.

Joe Biden dari Partai Demokrat akan dilantik sebagai presiden terpilih pada Kamis (20/1) lusa, dan tim baru akan mengambil alih di Departemen Luar Negeri, termasuk seorang menteri luar negeri yang baru.

China mengatakan Taiwan adalah masalah paling penting dan sensitif dalam hubungannya dengan Amerika Serikat, dan sebelumnya telah mengumumkan sanksi terhadap perusahaan AS yang menjual senjata ke Taiwan.

Beijing menanggapi peningkatan dukungan AS untuk Taiwan, termasuk penjualan senjata dan kunjungan pejabat senior AS, dengan meningkatkan aktivitas militer di dekat pulau itu, termasuk menerbangkan pesawat angkatan udaranya di dekatnya.

TAGS : China Amerika Serikat Sanksi Individu Taiwan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :