Selasa, 23/04/2024 22:20 WIB

LUAR NEGERI

Partai Berkuasa ANC Terancam Perpecahan?

Kongres Nasional Afrika (ANC), sebuah partai yang berkuasa saat ini mengalami hasil pemilihan umum terburuknya dalam sejarah pada Agustus lalu.

African National Congress Party./foto:tvcnews

Johannesburg - Kongres Nasional Afrika (ANC), sebuah partai yang berkuasa saat ini mengalami hasil pemilihan umum terburuknya dalam sejarah pada Agustus lalu. Dampaknya, perpecahan dalam tubuh partai tersebut meluas, menyusul Pravin Gordhan, Menteri Keuangan, yang dituduh atas kasus penggelapan.

Meski bermasalah atas kasus hukum, Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma, kukuh memberikan dukungannya kepada Pravin Gordhan. Kolega Gordhan, Aaron Motsoaledi yang juga Menteri Kesehatan, menunjukkan dukungannya dengan mengatakan bahwa keputusan untuk mengadili Gordhan adalah sebuah "pernyataan perang".

"Kami menginginkan hukum dan ketertiban, bukan institusi yang digunakan untuk pertempuran politik yang kejam," ucap Motsoaledi, seperti dikutip dari SundayTimes.

Sementara itu, Wakil Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa sejalan dengan Zuma. Ramaphosa menyatakan bahwa tuduhan yang ditujukan kepada Gordhan tidak boleh mengganggu upaya pemulihan perekonomian negara.

"Saya memberikan dukungan saya kepada Menteri Gordhan saat dia menghadapi tuduhan yang diajukan kepadanya oleh Lembaga Penuntut Nasional," ucap Ramaphosa pada Minggu (16/10), yang dikutip dari Reuters.

Ramaphosa, yang seorang pengusaha dan petinggi ANC itu menjelaskan bahwa sekarang ini terjadi banyak kekhawatiran bagi warga Afrika Selatan terkait sejumlah kejadian yang ditujukan kepada Menteri Keuangan, Pravin Gordhan.

"Tuduhan itu telah diumumkan saat Gordhan bersiap untuk menyampaikan laporan rencana anggaran jangka menengah pada 26 Oktober mendatang," ucap Ramaphosa, dengan menyatakan langkah hukum itu dikeluarkan saat negara bersiap menghadapi kemungkinan penurunan tingkat kredit.

Para jaksa penuntut dari Lembaga Penuntutan Nasional telah memerintahkan Gordhan menghadiri sidang di pengadilan bulan depan. Namun, para pendukung dan analis menyebut bahwa tindakan penuntutan Gordhan sebagai sebuah rencana untuk menggulingkan seseorang yang tidak mendukung Presiden Jacob Zuma.[]

KEYWORD :

jurnas jacob zuma afrika selatan ANC pravin gordhan african national congress penggelapan paja




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :