Jum'at, 23/04/2021 10:04 WIB

AS Cabut Kebijakan Pembatasan Kontak dengan Taiwan

Amerika Serikat (AS) mencabut kebijakan pembatasan kontak antara pejabat Amerika dan Taiwan. Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo (Foto: AFP)

Washington, Jurnas.com - Amerika Serikat (AS) mencabut kebijakan pembatasan kontak antara pejabat Amerika dan Taiwan. Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

"Pembatasan yang diberlakukan sendiri diperkenalkan beberapa dekade lalu untuk menenangkan pemerintah China daratan, yang mengklaim pulau itu. Aturan ini sekarang batal demi hukum," kata Kemenlu AS dalam pernyataannya yang dikutip BBC pada Minggu (10/1).

Langkah tersebut berpotensi membuat China marah, dan meningkatkan ketegangan antara Washington dan Beijing, jelang pelantikan Joe Biden sebagai presiden terpilih pada 20 Januari.

Tim transisi Biden mengatakan presiden terpilih berkomitmen untuk mempertahankan kebijakan AS sebelumnya terhadap Taiwan.

Selama ini China menganggap Taiwan sebagai provinsi yang memisahkan diri, tetapi para pemimpin Taiwan berpendapat bahwa Taiwan adalah negara yang berdaulat.

"Hari ini saya mengumumkan bahwa saya mencabut semua pembatasan yang diberlakukan sendiri ini," kata Pompeo.

"Pernyataan hari ini mengakui bahwa hubungan AS-Taiwan tidak perlu, dan tidak seharusnya, dibelenggu oleh pembatasan birokrasi permanen kami yang diberlakukan sendiri," sambung dia.

Dia menambahkan bahwa Taiwan adalah negara demokrasi yang bersemangat dan mitra AS yang dapat diandalkan, dan pembatasan itu tidak lagi berlaku.

Menyusul pengumuman tersebut, Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu berterima kasih kepada Pompeo.

"Kemitraan yang lebih erat antara Taiwan dan AS secara tegas didasarkan pada nilai-nilai kami, kepentingan bersama, dan keyakinan yang tak tergoyahkan dalam kebebasan dan demokrasi," tulis Wu dalam cuitannya.

Agustus lalu, Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS Alex Azar menjadi politisi AS berpangkat tertinggi yang mengadakan pertemuan di pulau itu selama beberapa dekade.

Sebagai tanggapan, China mendesak AS untuk menghormati apa yang disebutnya prinsip `Satu China`.

AS juga menjual senjata ke Taiwan, meskipun tidak memiliki perjanjian pertahanan formal dengan negara tersebut, seperti halnya dengan Jepang, Korea Selatan, dan Filipina.

TAGS : Mike Pompeo Amerika Serikat Taiwan Pembatasan Kontak




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :