Senin, 14/06/2021 19:39 WIB

Tragis, Perempuan Muda Ini Tewas Digigit Hiu

Serangan hiu terbilang langka di Selandia Baru. Kejadian ini tercatat sebagai kematian pertama sejak 2013.

Hiu Putih (Foto: Doknet)

Wellington, Jurnas.com - Seorang perempuan muda tewas setelah diserang oleh seekor hiu di Selandia Baru, pada Kamis (7/1). Korban sempat diselamatkan oleh penjaga pantai, namun mengembuskan napas terakhir tak lama setelahnya.

Dikutip dari BBC, serangan itu terjadi di Pantai Waihi di Pulau Utara, tidak jauh dari kota terbesar negara itu Auckland.

Serangan hiu terbilang langka di Selandia Baru. Kejadian ini tercatat sebagai kematian pertama sejak 2013.

Menurut laporan media lokal, saksi menyebutkan bahwa perempuan yang belum diketahui identitasnya itu berenang tepat di depan bendera penjaga pantai pada Kamis (7/1). Ketika mendengar teriakan, penjaga pantai keluar dengan perahu dan menariknya ke pantai.

Polisi Selandia Baru merilis pernyataan yang mengonfirmasi bahwa perempuan itu terluka di air dan dia meninggal tak lama kemudian.

Pihak berwenang tidak dapat segera memastikan penyebab kematian, tetapi mengatakan bahwa "ada indikasi bahwa dia terluka oleh hiu".

Polisi mengatakan kematian itu "sangat traumatis" bagi mereka yang berada di tempat kejadian.

Tidak jelas jenis hiu apa yang menyerang perempuan itu, tetapi seorang saksi mata melaporkan bahwa itu adalah hiu putih besar, spesies yang dilindungi di perairan sekitar Selandia Baru.

"Hiu cukup umum di dekat semua pantai utara Selandia Baru, sebagian besar tidak berbahaya dan bahkan spesies yang dianggap berbahaya sangat jarang berinteraksi dengan perenang," kata peneliti hiu Kina Scollay kepada BBC.

"Pikiran dan simpati saya ada pada keluarga korban dan kami perlu ingat bahwa ini adalah tragedi nyata bagi orang-orang. Saya khawatir kejadian ini akan hilang dari pandangan media," sambung dia.

Dia mengatakan bahwa meskipun serangan jarang terjadi, ada cara untuk berhati-hati dan menghindari interaksi yang salah.

"Jika hiu besar mendekat atau terlihat di dekatnya, orang harus tetap tenang, peringatkan mereka yang ada di dekatnya, dan keluar dari air dengan tenang," ujar dia.

TAGS : Serangan Hiu Perempuan Muda Selandia Baru




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :