Sabtu, 25/03/2023 12:55 WIB

Ratusan Tentara Somalia Dapat Pelatihan Militer di Turki

Kementerian Pertahanan Nasional Turki mengatakan, sekitar 150 tentara tentara Somalia menerima pelatihan komando khusus di Turki di bawah pakta kerja sama militer antara kedua negara.

Tentara Somalia sedang dilatih dalam Pelatihan Militer dan Perjanjian Kerja Sama antara Turki dan Somalia di Isparta, Turki pada tanggal 5 Januari 2021 [Kementerian Pertahanan Turki Muhabiri / Badan Anadolu]

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Pertahanan Nasional Turki mengatakan, sekitar 150 tentara tentara Somalia menerima pelatihan komando khusus di Turki di bawah pakta kerja sama militer antara kedua negara.

Pelatihan tentara Angkatan Bersenjata Somalia berlangsung di Pusat Pelatihan dan Latihan Kontra-Terorisme di provinsi barat daya Turki, Isparta.

"Kami memberikan Pelatihan Dasar Komando kepada 150 personel militer tamu dari Angkatan Bersenjata Somalia," bunyi pernyataan kementerian itu, dilansir Middleeast, Rabu (06/01).

"Pelatihan yang dimulai pada 21 Desember 2020 itu terus berjalan sesuai rencana," tambahnya.

Agustus lalu, Duta Besar Turki untuk Mogadishu Mehmet Yilmaz mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa Turki sedang melatih sekitar sepertiga dari pasukan militer Somalia, dengan total sekitar 15.000-16.000 personel.

Hubungan antara Turki dan negara Tanduk Afrika secara historis kuat, dan meningkat setelah kunjungan resmi Presiden Recep Tayyip Erdogan pada tahun 2011, menjadikannya satu-satunya pemimpin non-Afrika yang mengunjungi Somalia dalam 20 tahun.

Turki juga terus mendukung Somalia dengan bantuan kemanusiaan di bidang kesehatan, pendidikan, dan keamanan.

Karena memiliki pengalaman luas dalam memerangi teroris, pelatihan militer Turki oleh Turki juga membantu dalam melawan ancaman teroris Somalia sendiri.

TAGS : Tentara Somalia Pelatihan Militer Pemerintah Turki




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :