Senin, 14/06/2021 04:06 WIB

Luar Negeri

AS Larang Ponsel Ini Masuk Pesawat

“Kami sadar pelarangan ini menimbulkan ketidaknyamanan bagi para penumpang. Akan tetapi keselamatan harus menjadi prioritas utama.”

AS larang ponsel Galaxy Note 7 masuk pesawat (sumber: techtimes.com)

Penggunaan telepon pintar Samsung Galaxy Note 7/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">Samsung Galaxy Note 7 kembali dilarang dalam penerbangan di Amerika Serikat sejak Sabtu (15/10) lalu. Kebijakan Kementerian Perhubungan Amerika Serikat dan maskapai penerbangan kini melarang pemilik membawa perangkat ini saat check in dan masuk ke dalam pesawat.

“Kami sadar pelarangan ini menimbulkan ketidaknyamanan bagi para penumpang. Akan tetapi keselamatan harus menjadi prioritas utama,” kata Sekretaris Kementerian Perhubungan, Anthony Foxx sebagaimana dilansir dari Reuters.

Pemerintah menerapkan kebijakan ini setelah menilai penggunaan smartphone ini dapat membahayakan keselamatan penumpang. “Percikan api dalam penerbangan sangat membahayakan penumpang,” tambah Anthony.

Sebelumnya Samsung Co Ltd telah menarik produk andalannya Samsung Galaxy Note 7/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">Samsung Galaxy Note 7 pada Selasa (11/10) lalu setelah menerima laporan bahwa perangkat tersebut menimbulkan panas dan mengeluarkan banyak asap. Kejadian ini menjatuhkan reputasi Samsung sebagai produsen posel ternama di dunia.

Buah dari pelarangan ini adalah pemerintah akan memberikan sanksi tertentu bagi penumpang yang ketahuan membawa Galaxy Note 7 ke dalam pesawat.

“Siapa pun yang melanggar larangan tersebut akan dituntut sebagai perbuatan criminal,” ujar Foxx.

Bahkan wacana lain yang beredar menyebut pemilik Galaxy Note 7 yang mencoba membawa perangkat tersebut ke dalam pesawat akan ditunda keberangkatannya.

Samsung menyebut mengungkapkan bahwa pelarangan terbaru dari pemerintah AS telah menambah total penarikan Note 7 hingga 1,9 juta unit dari pasaran, setelah 15 September silam Samsung menarik 1 juta produknya dengan keluhan yang sama.

Sedangkan Komisi Keamanan Produk Konsumen Amerika Serikat menyatakan bahwa baterai Note 7 menimbulkan panas berlebih dan memicu api dari perangkat tersebut, sehingga dapat membahayakan penggunanya.

TAGS : Samsung Galaxy Note 7 Samsung Terbakar Amerika Larang Samsung




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :