Selasa, 23/04/2024 13:31 WIB

TRANSMIGRAN TELADAN

Mendes Eko Perkenalkan Munaksan pada Presiden

Saat pagelaran Sail Karimata tahun ini di Kayong Utara, Kalimantan Barat, Menteri Desa Eko Putro Sandjojo memperkenalkan transmigran teladan asal Sulawesi Tengah, Munaksan, kepada Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi dan Mendes Eko Sandjojo

Kayong Utara | Saat pagelaran Sail Karimata tahun ini di Kayong Utara, Kalimantan Barat, Menteri Desa Eko Putro Sandjojo memperkenalkan transmigran teladan asal Sulawesi Tengah, Munaksan, kepada Presiden Joko Widodo.

Munaksan sukses mengubah nasibnya setelah mengikuti program transmigrasi. Ia berhasil memiliki jumlah penghasilan hingga 700 juta dalam per-tahun.

Penghasilan sebanyak itu ia dapatkan dari mengembangkan pertanian jagung. Bahkan dari hasil penjualan jagung ini, Munaksan mampu membeli lahan lain di luar lokasi transmigrasi untuk mengembangkan usaha jagungnya.

"Dalam satu bulan Munaksan mampu menjual jagung yang ia tanam di lokasi transmigrasi hingga 200 ton," ujar Menteri Eko di Kayong Utara, Sabtu (15/10).

Soal Sail Karimata, Menteri Eko mengatakan even ini bisa dijadikan momentum untuk membangkitkan pembangunan dan perekonomian masyarakat. Dengan adanya Sail Karimata 2016, Kayong Utara yang masih masuk kategori daerah tertinggal, bisa memperkenalkan potensinya di tingkat nasional bahkan internasional.

KEYWORD :

Sail karimata eko sandjojo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :