Jum'at, 01/07/2022 12:45 WIB

Mike Pompeo Kembali Tuding China Sembunyikan Asal-usul COVID-19

Pompeo berulang kali menuduh Beijing menutup-nutupi perannya dalam asal-usul pandemi, yang telah merenggut lebih dari 1,78 juta jiwa di seluruh dunia.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo.(Foto: )

Teheran, Jurnas.com  - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo sekali lagi menuduh Beijing menutupi asal-usul pandemi virus corona (COVID-19).

Pada Selasa (29/12), Pompeo menuntut otoritas China membebaskan Zhang Zhan, jurnalis yang biasa melaporkan berita tentang pandemi dari Wuhan tempat penyakit itu berasal. Dia meminta otoritas China untuk segera membebaskannya dan tanpa syarat.

Mantan pengacara berusia 37 tahun itu, yang ditahan sejak Mei, pada Senin (28/12) dijatuhi hukuman penjara empat tahun oleh hakim di pengadilan Shanghai karena memicu pertengkaran dan memprovokasi masalah.

Kritikus Beijing mengklaim mantan penasihat hukum itu dihukum secara tidak adil atas akun daring awalnya yang memberikan gambaran langka tentang kota Wuhan tempat penyakit misterius pertama kali terdeteksi setahun yang lalu.

Laporan Zhang menantang berita resmi bahwa pemerintah telah mengalahkan virus tersebut, mempertanyakan kapasitas rumah sakit dan akses ke pengujian virus pada hari-hari awal dan menunjukkan agresi dari pihak berwenang China terhadap pembuatan filmnya di telepon.

Pompeo berulang kali menuduh Beijing menutup-nutupi perannya dalam asal-usul pandemi, yang telah merenggut lebih dari 1,78 juta jiwa di seluruh dunia.

"Partai Komunis China sekali lagi telah menunjukkan akan melakukan apa pun untuk membungkam mereka yang mempertanyakan garis resmi partai, bahkan mengenai informasi kesehatan masyarakat yang penting," kata Pompeo.

Pemerintahan Donald Trump yang akan keluar telah mengejar kebijakan luar negeri yang agresif sehubungan dengan China, melawan Beijing di berbagai bidang.

Sarjana Amerika dan analis politik Dennis Etler mengatakan, keadaan perang Washington yang terus-menerus melawan negara lain tanpa kondisi jelas yang akan mengarah pada kesimpulannya adalah dalam upaya membawa mereka sejalan dengan apa yang disebut tatanan dunia baru.

Etler mengatakan kepada Press TV bahwa perintah yang dikejar oleh Washington dilakukan dengan cara menjelekkan negara lain.

"Hanya dengan menjelekkan China, Rusia, dan Iran, kekuatan yang ada di AS dapat mempertahankan kekuasaan mereka. Baik Demokrat maupun Republik, konservatif dan liberal, reaksioner dan progresif, semua memainkan permainan yang sama dan orang-orang Amerika yang baik menelannya," kata Etler.

TAGS : Mike Pompeo Amerika Serikat Media China Asal-usul Corona




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :