Selasa, 09/08/2022 02:51 WIB

Universitas Terbuka Berhasil Selesaikan Kendala Ujian THE

Universitas Terbuka (UT) berhasil merampungkan kendala ujian akhir semester (UAS) daring dengan metode Take Home Exam (THE), yang sempat mengalami kendala pada hari pertama pelaksanaan.

Rektor Universitas Terbuka Prof. Ojat Darojat (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Universitas Terbuka (UT) berhasil merampungkan kendala ujian akhir semester (UAS) daring dengan metode Take Home Exam (THE), yang sempat mengalami kendala pada hari pertama pelaksanaan.

Rektor Universitas Terbuka Prof. Ojat Darojat mengatakan, tim khusus yang dibentuk UT telah bertindak cepat dengan melakukan berbagai pembenahan, supaya mahasiswa dapat melaksanakan ujian dengan lancar.

"Terbukti dengan pelaksanaan UAS online pada Selasa (8/12) yang bisa berjalan dengan baik dan normal seperti biasanya. Sekitar 159.000 mahasiswa mengikuti UAS dengan skema THE yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia dan sebagian lagi tersebar di 90 negara lainnya," terang Ojat dalam keterangannya kepada Jurnas.com pada Kamis (10/12).

"Monitoring Integrated System yang kami miliki mampu memantau dengan baik lalu lintas data, titik persebaran peserta ujian, serta mengoptimalkan pertahanan terhadap serangan cyber yang dilakukan oleh pihak luar," sambung dia.

Ojat menyebut kelancaran pelaksanaan UAS daring telah menepis keraguan banyak pihak tentang kesiapan Universitas Terbuka dalam mengelola pelaksanaan UAS daring yang diikuti mahasiswa dalam jumlah masif.

Seperti diketahui, total mahasiswa UT yang mengikuti UAS semester 2020/2021 mulai 5-18 Desember 2020 sebanyak 312.236 mahasiswa, dengan total peserta ujian untuk seluruh mata kuliah sebanyak 1.717.614 mahasiswa.

"UT telah bekerja keras melakukan penyempurnaan dalam aplikasi dan tata kelola jaringan untuk mengatasi hambatan teknis agar pelaksanaan ujian dapat berjalan lancar. Kemudian tidak boleh ada satu pun mahasiswa yang dirugikan dalam memperoleh layanan ujian ini," kata Ojat.

Rektor juga memastikan bahwa berbagai keluhan, masukan dan dukungan yang disampaikan berbagai pihak akan menjadi perhatian dan pertimbangan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Dia juga mengingatkan agar mahasiswa yang belum berhasil mengunduh naskah dan mengunggah jawaban ujian pada 5 Desember 2020, untuk mengikuti UAS kembali pada 20 Desember 2020.

"Pelaksanaan UAS tanggal 6 dan 7 Desember 2020 digeser ke tanggal 21 dan 22 Desember 2020," tandas Ojat.

TAGS : Universitas Terbuka Kuliah Daring Ojat Darojat UAS Online




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :