Jum'at, 19/04/2024 04:40 WIB

Menang di Surabaya dan Sejumlah Wilayah Strategis, Ini Kata PDIP

Cahaya kemenangan jangan sampai menjadi euforia yang membuat kita lengah

Eri Cahyadi-Armudji diusung PDIP di Pilkada Kota Surabaya 9 Desember 2020

Jakarta, Jurnas.com - Para jagoan yang diusung PDI Perjuangan di sejumlah wilayah strategis, seperti Surabaya, Banyuwangi, Semarang, Surakarta, hingga Medan menunjukkan hasil kemenangan yang gemilang.

Hal ini tergambar dari hitung cepat atau quick count yang dilakukan sejumlah lembaga terpercaya, pasca-pencoblosan Pilkada Serentak, Rabu (9/12/2020).

"Berdasarkan hasil hitung cepat dan laporan progress terakhir dari Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN), hasil hitung cepat pilkada di sejumlah wilayah strategis sudah mencapai batas stabil secara statistik," ujar Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Rabu (9/12/2020).

Hasto bersama sejumlah pengurus PDI Perjuangan memantau proses quick count dari kantor DPP PDI Perjuangan. Termasuk melakukan proses perhitungan cepat dan real count melalui jejaring saksi BSPN partai, sehingga diyakini laporannya lebih lengkap dan akurat.

Kata Hasto, salah satu kabar yang sangat menggembirakan yang diterima oleh DPP PDI Perjuangan adalah hasil hitung cepat dan trend real count Pilkada Kota Surabaya. Dimana pasangan nomor urut 1, Eri Cahyadi-Armudji berhasil mengungguli pasangan MA-Mujiaman.

"Kami bersyukur. Bahwa meski di tengah kepungan berbagai kekuatan politik yang besar, politik uang yang massif, dan politik devide et impera yang sistematis, tetapi PDI Perjuangan dengan mandat rakyat Surabaya mampu memenangkan pilkada di Kota Pahlawan itu," ujar Hasto.

Selain Surabaya, PDI Perjuangan juga mendapat kabar positif di sejumlah wilayah penting yang menjadi sorotan secara nasional. Para Pasangan Calon di Kota Solo (Gibran-Teguh), Kota Medan (Bobby Nasution-Aulia), Kabupaten Banyuwangi (Ipuk Fiestiandani-Sugirah), Kota Blitar (Santoso-Tjutjuk Sunaryo), Kota Semarang (Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti Rahayu), dan berbagai daerah strategis lainnya mendapat kepercayaan publik dan memperoleh suara dukungan terbanyak dari rakyat.

Namun khusus untuk Surabaya, Hasto mengapresiasi seluruh masyarakat Surabaya yang menghargai hasil kerja Walikota sebelumnya dan terbukti memiliki semangat daya juang yang kuat layaknya yang diinspirasi oleh kepahlawanan.

"Kami juga meyakini bahwa warga Surabaya memiliki keterikatan sejarah yang kuat dengan Bung Karno yang lahir di kota itu. Sehingga, ketika dikepung oleh kekuatan partai politik, ditambah dengan masifnya politik uang, serta politik devide et impera, warga Surabaya justru menunujukkan jati diri sebenarnya dengan memilih Eri-Armudji," tegas Hasto.

Sedemikian pentingnya keberlangsungan kepemimpinan di Kota Surabaya, Sekjen PDI Perjuangan harus turun menyapa warga dan mengkonsolidasikan kekuatan partai hingga lima kali, untuk memimpin langsung koordinasi pemenangan Eri-Armudji.

Ini juga membuktikan bahwa masyarakat Surabaya memang menginginkan kelanjutan kepemimpinan serta program pembangunan yang selama ini dikerjakan oleh Tri Rismaharini.

"Ini pengakuan atas prestasinya membangun Kota Surabaya selama ini. Dan Eri - Armudji akan melanjutkannya," papar Hasto.

Begitupun dengan hasil di Banyuwangi. Bagi Hasto, kemenangan Ipuk-Sugirah membuktikan bahwa warga kota itu mengakui kerja keras Bupati sebelumnya, Abdullah Azwar Anas. Banyuwangi bisa menjadi salah satu destinasi pariwisata internasional selain Bali dan kesejahteraan masyarakat pun meningkat.

"Kerja keras serta komitmen Anas di Banyuwangi akan terus dilanjutkan, bahkan semakin disempurnakan oleh Ipuk-Sugirah," tegas Hasto.

Pada bagian akhor, Hasto menjelaskan bahwa PDI Perjuangan menyerukan kepada seluruh kader partai, khususnya para saksi (BSPN PDI Perjuangan) yang berada di lapangan, untuk terus mengawal proses rekapitulasi dan penghitungan suara.

"Kegembiraan atas cahaya kemenangan jangan sampai menjadi euforia yang membuat kita lengah. Kita harus terus mengawal prosesnya hingga akhirnya resmi diumumkan oleh KPUD setempat," tuntas Hasto Kristiyanto, Sekjen DPP PDI Perjuangan.

KEYWORD :

Pilkada Kota Surabaya Quick Count PDI Perjuangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :