Selasa, 23/04/2024 21:17 WIB

Mensos Juliari Tersangka, Hasto: PDIP Mendukung Proses Hukum KPK

Megawati Soekarnoputri selalu memberikan arahan kepada kadernya jangan penyalahgunaan kekuasan, tidak korupsi.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto

Jakarta, Jurnas.com - PDI Perjuangan mendukung langkah-langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam pemberantasan korupsi, tak terkecuali saat menetapkan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubata sebagai tersangka penerima suap dana bansos covid-19.

"PDI Perjuangan mendukung sepenuhnya berbagai langkah pemberantasan korupsi termasuk dalam bentuk OTT yang secara simultan dilakukan oleh KPK," ujar Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Minggu (6/12/2020).

Hasto menegaskan, PDI Perjuangan menghormati seluruh proses hukum yang sedang berlangsung. Sebab hukum adalah jalan peradaban untuk menegakkan keadilan dan kebenaran.

"Siapapun wajib bekerja sama dengan upaya yang dilakukan oleh KPK tersebut," jelas Hasto.

Terkait sejumlah kejadian operasi Tangkap tangan (OTT) yang menimpa kader, Hasto menegaskan bahwa PDIP secara terus menerus mengingatkan para kadernya, agar selalu menjaga integritas dan tidak mengalahgunakan kekuasaan, apalagi melakukan korupsi.

"Kami selalu tegaskan bahwa kekuasaan itu untuk rakyat. Partai melarang segala bentuk penyalahgunaan kekuasaan, termasuk korupsi," jelas Hasto.

Kalau sudah menyangkut korupsi, Hasto mengingatkan bagaimana Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri selalu memberikan arahan kepada kadernya yang punya jabatan politik untuk tidak melakukan penyalahgunaan kekuasan, tidak korupsi.

"Tertib hukum adalah wajib bagi wajah pemerintahan yang bersih, bebas dari korupsi," tegas Hasto.

Politikus adal Yogyakarta ini juga menyebut dalam berbagai kesempatan, PDI Perjuangan selalu menanamkan sikap anti korupsi. Baik dalam Sekolah Partai bagi calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah, dalam forum resmi Partai seperti Rakernas, serta dalam kegiatan-kegiatan lainnya.

"Dalam tiga kali Sekolah Calon Kepala Daerah terakhir, PDI Perjuangan selalu mengundang pembicara dari KPK terkait pentingnya membangun kesadaran dan semangat anti korupsi itu," lanjutnya.

Ketika ada kader yang tersangkut OTT dan menjadi tersangka KPK, Hasto mengatakan PDI Perjuangan mengambil pelajaran yang sangat berharga dari berbagai peristiwa tersebut.

"Partai terus membangun sistem pencegahan korupsi secara sistemik dan dengan penegakan disiplin agar berbagai kejadian yang ada benar-benar menciptakan efek jera. Seluruh anggota dan kader Partai agar benar-benar mengambil pelajaran dari apa yang terjadi," tuntas Hasto Kristiyanto, Sekjen DPP PDI Perjuangan.

KEYWORD :

Komisi Pemberantasan Korupsi KPK PDI Perjuangan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara Operasi T




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :