Minggu, 23/01/2022 06:25 WIB

Hadiri HUT PGRI ke-75, Ini Pesan Presiden untuk Guru

Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasinya terhadap para guru di seluruh pelosok Tanah Air, kala menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-75

Presiden Joko Widodo (Foto: Youtube)

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasinya terhadap para guru di seluruh pelosok Tanah Air, kala menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-75 secara virtual pada Sabtu (28/11).

"Saya mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional dan HUT ke-75 PGRI. Terima kasih kepada para guru yang pantang menyerah dan terus berjuang di tengah keterbatasan. Terima kasih telah mendidik generasi bangsa menjadi SDM unggul yang selalu mencintai Indonesia," kata Jokowi melalui saluran YouTube.

Presiden mengatakan, pemerintah menyadari bahwa pandemi Covid-19 telah menimbulkan berbagai kesulitan bagi guru.

Karena itu, pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mendukung guru agar tetap dapat menjalankan pendidikan secara baik, sekaligus membantu kesejahteraan para guru.

Misalnya, penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk pembayaran guru honorer yang kini tak lagi dibatasi sebesar 50 persen. Pemerintah juga memberikan Bantuan Subsidi Umum (BSU) sebesar Rp1,8 juta yang dibayarkan Rp600 ribu tiap bulannya selama tiga bulan kepada kurang lebih 1,8 juta guru dan tenaga kependidikan honorer, bantuan paket pulsa internet untuk guru, dan berbagai program peningkatan kualitas guru yang disediakan pemerintah.

"Pada bulan September 2020 kemarin, saya juga telah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 98 tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Saya ingin guru-guru kita yang berstatus P3K memiliki gaji dan tunjangan setara dengan PNS yang lain," ujar presiden.

Presiden melanjutkan, pemerintah memahami akan adanya masalah ketercukupan jumlah guru yang harus segera diatasi. Saat ini keberadaan guru honorer memang sangat besar peranannya dalam membantu keberlangsungan pendidikan di Indonesia. Namun, tidak semua guru honorer dapat memenuhi syarat usia yang ditentukan undang-undang untuk menjadi PNS.

Oleh karena itu, percepatan penambahan guru yang paling utama adalah melalui rekrutmen guru P3K berstatus ASN, sama seperti PNS, dengan kesejahteraan dan jenjang karier yang juga serupa seperti PNS.

"Pada tahun 2021 ini kita akan melakukan rekrutmen guru ASN dengan status P3K dalam jumlah yang besar. Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan P3K bahwa guru-guru yang berstatus P3K akan menerima gaji dan tunjangan setara dengan PNS lainnya. Saya berharap hal ini akan berdampak signifikan pada kesejahteraan guru di seluruh tanah air dan meningkatkan kualitas pendidikan kita," ucapnya.

Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Unifah Rosyidi menyampaikan terima kasih atas berbagai dukungan pemerintah terhadap guru di masa pandemi Covid-19.

Antara lain: Penerbitan Peraturan Presiden Nomor 98 tentang Gaji dan Tunjangan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK); Pemberian kuota kepada guru, dosen, siswa, dan mahasiswa untuk kelancaran PJJ; Relaksasi penggunaan BOS dan BOP untuk pembayaran guru honorer dan pembelajaran daring; Pembatalan Ujian Nasional; dan Dikeluarkannya klaster pendidikan dari RUU Cipta Kerja.

"Selanjutnya kami sangat mengharapkan agar para guru honorer Kategori maupun Non-Kategori khususnya yang berusia di atas 35 tahun diberikan kesempatan menjadi ASN melalui jalur ASN-PPPK maupun jalur CPNS," kata Unifah.

Apresiasi juga disampaikan Unifah kepada pemerintah daerah yang merespon perjuangan PGRI di berbagai daerah, dengan memberikan perhatian terhadap peningkatan kesejahteraan guru honorer.

"PGRI adalah mitra strategis Pemerintah dan Pemerintah Daerah dalam memajukan pendidikan, dan menyelesaikan berbagai persoalan pendidikan dengan arif dan bijaksana agar tercapai sinergi yang optimal untuk mencapai pendidikan nasional bermutu untuk Indonesia maju," tandas Unifah.

TAGS : HUT PGRI Joko Widodo Unifah Rosyidi Hari Guru Nasional




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :