Sabtu, 04/05/2024 06:37 WIB

Kemenhub Tegaskan Siap Soft Launching Pelabuhan Patimban Desember

Secara akumulasi, progres pembangunan Pelabuhan Patimban tahap pertama telah mencapai 89%.

Kondisi terminal kendaraan (car terminal) Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, dengan luas 8 Ha telah siap pakai untuk soft launching pada Desember 2020 mendatang. Foto: jurnas.com/ditjenhubla

PATIMBAN, Jurnas.com - Kementerian Perhubungan c.q. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut kembali menegaskan bahwa pihaknya telah siap melakukan operasional terbatas atau soft launching Pelabuhan Patimban pada Desember mendatang, sesuai harapan Presiden Joko Widodo.

"Kami optimistis dapat soft launching (Pelabuhan Patimban) pada Desember mendatang," kata Kepala KSOP Kelas II Patimban, Subang, Jawa Barat, Anwar, Kamis (19/11/2020).

Anwar menjelaskan, secara akumulasi, progres pembangunan Pelabuhan Patimban tahap pertama telah mencapai 89%. Tinggal beberapa bagian yang masih memerlukan proses penyelesaian tahap akhir atau finishing.

"Tinggal jembatan penghubung untuk akses jalan utama menuju dermaga yang pengerjaannya ditargetkan selesai pada Desember 2021," kata Anwar.

Meskipun demikian, untuk kepentingan soft launching nanti, sambung Anwar, saat ini sedang dibangun akses jalan sepanjang sekitar 1 km yang menuju ke trestle eksisting yang menuju dermaga.

"Dermaganya sendiri telah siap disandari kapal dengan ukuran besar. Bahkan telah diuji coba disandari oleh kapal berbobot GT 5.179 dengan disaksikan langsung oleh Menteri Perhubungan pada akhir Oktober yang lalu," ujar Anwar.

Sedangkan kesiapan lainnya seperti kolam pelabuhan telah memiliki kedalaman draf 10  meter. Kemudian Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) telah siapkan oleh Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok dengan sistem pinjam pakai.

"Alur pelayaran juga telah memiliki penetapan dari Kemenhub. Termasuk peta laut dari Pushidros dan pemanduan juga tunda kapal sudah siap," tuturnya.

Anwar juga mengaku telah memiliki komitmen dari salah satu ATPM  kendaraan roda empat yang siap memanfaatkan Pelabuhan Patimban.

"Car terminal untuk soft launching telah siap 94% dengan luas 8 Ha," katanya.

Sedangkan karantina, imigrasi, bea dan cukai, termasuk listrik, air bersih, dan telekomunikasi juga terus berproses dan ditargetkan telah siap pada akhir November.

"Adapun akses jalan utama dari jalan nasional atau Pantura ke pelabuhan telah siap 99%," tutup Anwar.

KEYWORD :

pelabuhan patimban soft launching




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :