Selasa, 05/07/2022 17:13 WIB

PDI Perjuangan Menyambut Baik Lahirnya Partai Masyumi

PDI Perjuangan (PDIP) menyambut baik hadirnya Partai Masyumi dalam kancah perpolitikan nasional. Harapannya Partai Masyumi dapat memperkukuh semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia ke depan.

Ketua DPP PDI Perjuangan, Ahmad Basarah

Jakarta, Jurnas.com - PDI Perjuangan (PDIP) menyambut baik hadirnya Partai Masyumi dalam kancah perpolitikan nasional. Harapannya Partai Masyumi dapat memperkukuh semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia ke depan.

Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah mengatakan, PDIP adalah partai politik yang sejak awal berdirinya selalu mengedapankan prinsip demokrasi dan hukum dalam satu tarikan nafas perjuangannya.

"Berdemokrasi dan berhukum adalah ajaran konstitusionalisme bangsa Indonesia sesuai amanah dan ketentuan UUD NRI 1945 yang juga dianut oleh PDI Perjuangan," kata Basarah, melalui rilisnya, Senin (9/11).

Atas dasar itu, kata Basarah, partainya akan selalu menyambut baik kehadiran setiap kekuatan sosial politik baru, baik ormas maupun partai politik sepanjang proses didirikannya dan tujuan perjuangan politiknya sesuai dengan prinsip-prinsip bernegara yang sudah menjadi konsensus nasional bangsa Indonesia.

"Yakni menerima Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NRI 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara yang final dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan dan sistem sosial bangsa Indonesia beserta berbagai regulasi lain yang mengatur kehidupan Ormas dan Partai Politik di Indonesia," katanya.

Menurutnya, sebagai partai politik yang memegang teguh prinsip nasionalisme religius sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Dimana, PDIP akan menempatkan kehadiran parpol baru sebagai bagian dari kreatifitas elemen bangsa Indonesia yang akan menjadi mitra berdemokrasi yang sehat dan partner dalam pembangunan bangsa yang saling melengkapi.

"Agar demokrasi kita semakin berkualitas namun harus tetap dalam koridor etika dan hukum yang berlaku sesuai prinsip demokrasi dan nomokrasi yang telah kita anut bersama," terang Wakil Ketua MPR itu.

"Dengan memegang teguh prinsip demokrasi dan nomokrasi secara bersamaan, kami berkeyakinan bahwa jalan demokrasi yang telah dipilih dan ditempuh bangsa Indonesia selama ini akan dapat mengantarkan bangsa dan negara Indonesia sampai kepada tujuannya, yakni membangun kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," demikian Basarah.

TAGS : Warta MPR PDI Perjuangan Partai Masyumi Ahmad Basarah




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :