Jum'at, 19/04/2024 18:58 WIB

Pemimpin Dunia Ucapkan Selamat kepada Joe Biden dan Kamala Harris

Mereka akan melanjutkan pemerintahan setelah Donald Trump kalah melanjutkan memperoleh 270 suara electoral college.

Barack Obama dan Joe Biden (File foto: Reuters)

London, Jurnas.com - Pasangan Joe Biden dan Kamala Harris dari Partai Demokrat, berhasil merebut kursi kepresidenan Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (7/11).  Mereka akan melanjutkan pemerintahan setelah Donald Trump kalah melanjutkan memperoleh 270 suara electoral college.

Kemenangan ini pun menghasilkan banjir ucapan dari banyak kepala negara di seluruh dunia. Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau mengucapkan selamat kepada Biden dan Haris dan berharap dapat melakukan kerja sama ke depannya.

"Atas nama Pemerintah Kanada, saya mengucapkan selamat kepada Biden dan Harris atas terpilihnya mereka sebagai Presiden dan Wakil Presiden AS berikutnya. Kanada dan AS menikmati hubungan yang luar biasa, yang unik di panggung dunia," ujar Trudeau seperti dilansir dari Reuters.

"Saya berharap dapat bekerja sama dengan Presiden terpilih Biden, Wakil Presiden terpilih Harris, pemerintahan mereka, dan Kongres AS saat kita menangani tantangan terbesar dunia bersama-sama," sambungnya.

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson mengatakan AS adalah sekutu terpenting Inggris dan berharap dapat bekerja sama secara erat dari perubahan iklim hingga perdagangan, dan keamanan.

"Selamat kepada Joe Biden atas pemilihannya sebagai Presiden Amerika Serikat dan kepada Kamala Harris atas pencapaian bersejarahnya," katanya.

"AS adalah sekutu terpenting kita dan saya berharap dapat bekerja sama secara erat dalam prioritas bersama kita, dari perubahan iklim hingga perdagangan dan keamanan," sambungnya.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron menyampaikan bahwa banyak yang harus dilakukan dalam menghadapi berbagai tantangan ke depannya.

"Amerika telah memilih Presiden mereka. Selamat @JoeBiden dan @KamalaHarris! Banyak yang harus kita lakukan untuk mengatasi tantangan hari ini. Mari bekerja bersama!" kicau Macron.

Perdana Menteri India, Narendra Modi mengatakan, kontribusi Biden untuk memperkuat hubungan India-AS sangat penting dan tak ternilai. Ia juga berharap dapat bekerja sama kembali untuk membawa hubungan India-AS ke tingkat yang lebih tinggi.

"Selamat sedalam-dalamnya @Kamalaarris! Keberhasilan Anda sungguh luar biasa, dan merupakan kebanggaan yang sangat besar tidak hanya untuk anak-anak Anda, tetapi juga untuk semua orang India-Amerika," ujar Modi atas keberhasilan Harris.

Selain itu, Uni Eropa, NATO, Pakistan, Spanyol, Ukraina, Irlandia, Polandia, dan beberapa negara lain pun menyampaikan atas terpilihnya pasangan dari Demokrat itu.

KEYWORD :

Pemimpin Dunia Hasil Pilpres AS Joe Biden Kamala Harris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :