Sabtu, 27/04/2024 04:40 WIB

Survei Charta Politika: Olly-Steven Unggul di Kota Manado dengan 58,7 Persen

Jauh meninggalkan pasangan Christiany-Sehan dengan elektabilitas 16.5 persen, dan Vonnie-Hendry 13.7 persen.

Olly Dondokambey, Cagub (petahana) Sulawesi Utara 2020

Jakarta, Jurnas.com - Lembaga survei Charta Politika Indonesia merilis hasil survei preferensi politik masyarakat Kota Manado untuk Pilkada Sulawesi Utara (Sulut) yang menunjukkan pasangan Olly Dondokambey-Steven Kandouw unggul jauh dibanding dua pesaingnya.

Dalam survei itu, elektabilitas atau keterpilihan Olly-Steven mencapai 58,7 persen. Jauh meninggalkan pasangan Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar dengan elektabilitas 16,5 persen, dan pasangan Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Corneles Mamengko Runtuwene dengan 13,7 persen.

Sementara sebanyak 11,2 persen responden menyatakan tidak tahu maupun tidak menjawab (undecided voters).

Survei Charta digelar pada 12-17 Oktober 2020. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur.

Jumlah sampel sebanyak 600 responden yang tersebar di 11 kecamatan yang ada di Kota Manado. Survei ini menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error ±4% pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Secara lebih terperinci, pasangan nomor urut 3, Olly-Steven terlihat unggul di kecamatan Bunaken, Malalayang, Manget, Sario, Tikala, Wanea dan Wenang.

Sementara Christiany-Sehan terlihat mengimbangi di kecamatan Bunaken Kepulauan dan Singkil. Sedangkan Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Corneles Mamengko Runtuwene mengimbangi Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar di kecamatan Paal Dua dan Tuminting.

Dalam rilis survei itu juga dijelaskan, Olly-Steven unggul mendominasi pemilih laki-laki dan perempuan di Kota Manado. Sementara Christiany-Sehan dan Vonnie-Hendry cukup bersaing pada pemilih laki-laki dan perempuan.

Sedangkan dari sisi usia, pasangan Olly-Steven juga tetap unggul dari Christiany-Sehan, maupun Vonnie-Hendry dengan dukungan tertinggi dari pemilih usia 17-20 tahun dan pemilih usia 36-50 tahun.

KEYWORD :

Charta Politika Olly Dondokambey Pilkada Sulawesi Utara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :