Minggu, 28/11/2021 01:02 WIB

Memajukan Pertanian Sulut, Olly: Asuransi Petani dan Ekspor Manca Negara

Para petani akan ditopang dengan pasar yang lebih luas

Olly Dondokambey, terjun ke sawah menyapa petani Sulut

Sulut, Jurnas.com - Calon Gubernur (Petahana) Sulawesi Utara, Olly Dondokambey SE, menegaskan bahwa para petani memiliki peranan sangat penting bagi kemajuan daerah Sulawesi Utara (Sulut).

"Kita sudah bekerja selama ini untuk mendorong kemajuan sektor pertanian. Sebab ini boleh dibilang sebagai salah satu nadinya perekonomian Sulut," tegas Olly, Sabtu (3/10/2020).

Calon gubernur nomor urut 3 (tiga) pada Pilkada 2020 ini menegaskan, upaya memajukan petani harus menyeluruh, mulai dari hulu hingga hilir. Perlu kebiajakan yang inovatif dan melibatkan banyak sektor.

"Perhatian pada petani harus menyeluruh. Mulai soal pupuk, bibit, termasuk masa panen dan penjualan pasca-panen. Semua harus kita dukung. Kita fasilitasi sampai pada pemasaran bahkan ekspor ke luar negeri,” lanjutnya.

Kepada para petani, Olly pun sudah menjalankan program asuransi pertanian yang akan terus diperluas jangkauannya. Jika sejauh ini baru fokus pada petani padi dan peternak sapi, maka selanjutnya akan diberikan pada petani jagung, petani milu, petani rica, petani sayur-sayuran, rempah begitu juga peternak ayam dan lainnya.

Asuransi pertanian ini, jelas Olly, akan memberi perlindungan kepada para petani sehingga mereka terjamin, jangan sampai ada kata rugi bagi petani.

"Kalau misalnya gagal panen, tanaman terkena hama, atau ternak terserang penyakit, maka ada asuransinya. Petani tetap mendapat manfaat ekonomi dari musibah itu," jelas Olly yang tetap berpasangan dengan Steven Kandouw sebagai Cawagub.

Tak kalah penting, Olly menjelaskan bahwa para petani akan ditopang dengan pasar yang lebih luas. Didukung infrastruktur yang lebih memadai, sehingga hasil pertanian akan punya daya saing kuat, lebih efisien, efektif.

"Jadi selain asuransi bagi petani dan berbagai program bantuan, kita juga terus mengembangkan pasar. Bukan hanya dalam negeri, tapi kita sudah bisa ekspor. Salah satunya ke Jepang yang sudah dibuka penerbangan langsung Manado-Tokyo. Maka tantangan bagi petani kita sekarang adalah, bagaimana harus bisa bersaing mutu dan kualitas. Dan saya sangat yakin komoditas masyarakat Sulut sangat diminati,” jelas Olly.

TAGS : Asuransi Pertanian Olly Dondokambey Ekspor Manado-Tokyo




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :