Rabu, 20/10/2021 19:57 WIB

Olly: Mencintai Batik adalah Cermin Cinta Budaya Bangsa

Batik Minahasa yang diproduksi warga manado memiliki aneka motif, seperti waruga, manguni, rumah adat, dan berbagai motif khas Sulawesi Utara.

Gubernur Sulut (Incumbent) Olly Dondokambey Gemar Pakai Batik

Manado, Jurnas.com - Calon Gubernur (Petahana) Sulawesi Utara di Pilkada 2020, Olly Dondokambey mengungkapkan rasa cintanya terhadap Batik, sebagai kekayaan khas nusantara.

UNESCO pun telah menetapkan Batik sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity atau mahakarya warisan kearifan lokal tak benda asli Indonesia sejak 2 Oktober 2019.

Saking cintanya pada Batik, Olly mengajak masyarakat Indonesia, khususnya warga Sulawesi Utara untuk rutin mengenakan pakaian batik. Apalagi Batik Sulawesi Utara memiliki corak khas yang sangat menawan.

“Saya menggemari batik karena sangat elok dipakai dan itu adalah budaya nusantara. Selain itu, dengan belanja batik kita juga membantu penguatan ekonomi pelaku usaha umkm supaya lebih berkembang lagi,” tutur Olly Dondokambey.

Olly menjelaskan, Batik sudah diterima secara luas oleh masyarakat dari Aceh sampai Papua, bahkan di luar negeri. Tiap daerah pun memiliki motif batik yang khas.

Termasuk di Sulawesi Utara, ada Batik Minahasa yang diproduksi langsung oleh warga manado. Beberapa motif diantaranya adalah motif waruga, manguni, rumah adat dan berbagai motif khas Sulawesi Utara.

"Selain mencerminkan kekayaan budaya bangsa, Batik juga memajukan sektor riel pelaku UMKM di Sulawesi Utara. Selamat hari batik, ayo kita lebih cinta lagi pakai batik," papar Olly.

TAGS : Batik Minahasa UNESCO Olly Dondokambey




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :