Minggu, 28/04/2024 19:00 WIB

Luar Negeri

Militer Filipina Selidiki Isu Kudeta Presiden Duterte

Laporan dugaan kudeta itu, menjadi pekerjaan serius militer. Namun, kata Restituto, asal usulnya perebutan kekuasaan itu belum diketahui pasti.

Manila - Isu rencana kudeta Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, masih dalam penyelidikan militer setempat. Kata Seorang juru bicara Angkatan Bersenjata, Brigjen Restituto Padilla, militer tidak mengetahui apa pun terkait pergerakan di dalam tubuh angkatan bersenjata.

Laporan dugaan kudeta itu, menjadi pekerjaan serius militer. Namun, kata Restituto, asal usulnya perebutan kekuasaan itu belum diketahui pasti.

"Kami tidak mengetahui asalnya tetapi belakangan muncul perkataan-perkataan itu. Itulah yang dapat saya katakan sekarang, kami secara serius menyelidikinya," katanya pada Senin (03/10) sebagaimana dikutip kantor berita AFP.

Hari Sabtu (01/10), Sekretaris Kabinet Leoncio Evasco mengatakan ia yakin kudeta terhadap Presiden Rodrigo Duterte mungkin saja terjadi. Alasannya, lanjutnya, karena terdapat orang-orang yang tidak suka dengan cara memerintah Presiden Duterte.

Mereka ini, masih menurut sekretaris kabinet, adalah pihak-pihak yang selama ini menikmati keuntungan dari perdagangan narkotika atau faksi militer yang tidak senang melihat hubungan militer antara Filipina dan Amerika Serikat melemah belakangan. "Perebutan kekuasaan tidak akan berhasil karena rating Duterte di Filipina tinggi," ujarnya.

KEYWORD :

Presiden Filipina Rodrigo Duterte Isu Kudeta Basmi Narkoba




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :