Kamis, 25/04/2024 19:51 WIB

Penerbangan Komersial Pertama dari Israel Tiba di Bahrain

Pesawat Airbus A320 milik Israir Airlines mendarat di Bandara Internasional Bahrain setelah penerbangan hampir tiga jam dari Bandara Internasional Ben-Gurion, Tel Aviv.

Pesawat El Al (Foto oleh AFP)

Dubai, Jurnas.com - Penerbangan  komersial langsung pertama antara Israel dan Bahrain mendarat di negara kerajaan itu, Rabu (23/9). Peristiwa itu hanya seminggu setelah menandatangani kesepakatan dengan Uni Emirat Arab (UEA) untuk menormalisasi hubungan.

Data penerbangan menunjukkan, pesawat Airbus A320 milik Israir Airlines mendarat di Bandara Internasional Bahrain setelah penerbangan hampir tiga jam dari Bandara Internasional Ben-Gurion, Tel Aviv.

Belum ada pengakuan langsung atas penerbangan itu dari pemerintah Israel, meskipun Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pada Selasa (22/9) berbicara melalui telepon dengan Putra Mahkota Bahrain Salman bin Hamad Al Khalifa. Kementerian Luar Negeri Israel menolak berkomentar.

Media pemerintah Bahrain tidak segera mengakui penerbangan itu. Pejabat di pulau lepas pantai Arab Saudi itu tidak segera menanggapi permintaan komentar. Kedutaan Besar AS di Manama juga tidak menanggapi permintaan komentar.

Penerbangan tersebut dilakukan tanpa upacara, sangat kontras dengan penerbangan El Al pertama dari Israel ke UEA pada akhir Agustus. Pesawat itu membawa pejabat Amerika Serikat (AS) dan Israel, termasuk menantu Presiden Donald Trump Jared Kushner, serta media.

Bahrain dan UEA menandatangani perjanjian normalisasi 15 September dengan Israel di Gedung Putih, bagian dari dorongan diplomatik AS ketika Trump berupaya terpilih kembali sebagai presiden.

UEA dan Israel telah bergerak cepat untuk mengeksplorasi hubungan komersial setelah kesepakatan normalisasi mereka, mengungkap hubungan yang sebelumnya dirahasiakan.

Sebagai informasi, Baharan dan UEA merupakan negara ketiga dan keempat yang menjalin hubungan resmi dengan Israel setelah Mesir dan Yordania. 

KEYWORD :

Penerbangan Komersial Israel Bahrain Negara Teluk Amerika Serikat Uni Emirat Arab




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :